Sumatera Bagian Utara Jadi Target BBM Satu Harga

Peresmian SPBU-N untuk satu harga di Sumatera Bagian Utara
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – PT Pertamina kembali merealisasikan pengoperasian SPBU-N di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) yang menjadi bagian dari Program BBM Satu Harga.

Menteri ESDM Resmikan 17 Titik BBM Satu Harga, Ini Lokasinya

Dua SPBU-N tersebut merupakan dua dari enam titik BBM Satu Harga di Kepuluan Riau. Untuk wilayah Sumatera Bagian Utara, dengan pengoperasian keduanya, genap terdapat enam titik dari target sembilan titik BBM Satu Harga yang sudah beroperasi di Sumatera Bagian Utara, yaitu dua di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dua di P. Nias, Sumatera Utara, dan dua di Natuna, Kepulauan Riau. 

General Manager MOR I PT Pertamina (Persero) Erry Widiastono mengungkapkan Pertamina berkomitmen tinggi dalam mendukung program BBM Satu Harga yang dicanangkan pemerintah. Dengan terealisasikannya enam outlet BBM Satu Harga di Sumbagut, Pertamina akan terus melakukan percepatan untuk tiga titik lainnya yang diharapkan tuntas hingga akhir tahun.

Menteri ESDM Target Wujudkan 584 Titik BBM Satu Harga Sampai 2024

Khusus di wilayah Kepulauan Riau, masih terdapat empat titik (tiga titik target awal dan satu titik BBM Satu Harga tambahan) yang masih dalam proses pembangunan di wilayah Kepulauan Riau, yang terletak di Kab Anambas, Kab Bintan, dan dua lokasi di Kab Natuna. 

"Pengoperasian kedua SPBU-N ini menjadi bukti nyata hadirnya Pertamina untuk memenuhi tugas negara mendistribusikan energi hingga ke pelosok negeri, kendati tugas itu bukanlah hal yang mudah namun dengan sinergi yang kuat antara Pertamina, pemerintah, dan investor, perjuangan mewujudkan BBM satu harga di Kab. Natuna akhirnya membuahkan hasil," tutur Erry. 

Pertamina Tuntas Bangun 243 Titik BBM Satu Harga pada 2020

Sebelum beroperasinya kedua SPBU-N tersebut, masyarakat harus membeli Premium seharga Rp7.500 per liter, sedangkan Solar sekitar Rp6.000 per liter. "Kini dengan dukungan semua stakeholder, mereka dapat merasakan harga yang sama dengan dengan wilayah NKRI lainnya, yaitu Rp6.450 per liter Premium dan Rp5.150 per liter Solar."

Proses distribusi BBM satu harga

Pertamina Resmikan 9 Titik Penyalur BBM 1 Harga di Papua dan Maluku

Di Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat terdapat 18 titik BBM satu harga Pertamina yang telah diresmikan dan beroperasi pada tahun 2021.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2021