BI Curhat Susah Ubah Mindset Warga dari Tunai ke Non-Tunai

Ilustrasi transaksi nontunai.
Sumber :
  • REUTERS/Matt Siegel/File Photo

VIVA – Bank Indonesia terus melakukan sosialisasi transaksi non tunai di masyarakat. Namun, diakui, upaya mendorong transaksi tersebut bukan hal mudah. 

Tarif QRIS Harus Ditunda, Gus Imin: UMKM Baru Bangkit

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Eni V Panggabean, mengatakan transaksi non tunai saat ini sudah menjadi tren dunia. Maka, dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), masyarakat harus terbiasa menggunakan transaksi itu dengan satu sistem. 

"Mengubah mindset [pola pikir] masyarakat kita itu cukup berat. Jadi kita terus menerus lakukan (sosialisasi), karena kita sampai sekarang kalau pegang uang beda dengan pegang kartu," kata Eni dalam suatu diskusi di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 6 Desember 2017. 

Keseruan Bertransaksi Non Tunai Menggunakan QRIS BNI Mobile Banking di BNI Java Jazz Festival 2023

Menurut Eni, transaksi non tunai melalui GPN juga mempermudah lembaga keuangan meminimalisir tindak kejahatan di bidang finansial. Sistem itu juga menekan biaya produksi pada penggunaan infrastruktur atau sumber daya setiap alat pembayaran. 

"Kemudian kami harus tahu bahwa handling cost dari uang itu cukup besar, kalau kita lihat perbankan mengisi ATM. Itu kalau sekarang menggunakan kartu, tentunya tidak perlu biaya yang besar," kata dia.

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Eni pun mengakui saat ini fasilitas transaksi non-tunai masih belum bisa terpenuhi di seluruh Indonesia. Misalnya, pengisian ulang uang elektronik atau top up masih belum dimiliki beberapa penyedia jasa yang ada di sejumlah daerah. 

"Itu memang masih kita perjuangkan," ujarnya. (ren)

Peluncuran Mandiri Contactless Solution

Dorong Transaksi Non Tunai, Bank Mandiri Pamer Layanan Mandiri Contactless

Bank Mandiri secara konsisten terus meningkatkan pemanfaatan transaksi non-tunai untuk mendorong efisiensi dan kenyamanan layanan digital nasabah.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2023