Proyek Patimban Diyakini Beri Efek Ekonomi Masif di Subang

Bupati Subang Imas Aryumningsih (tengah)
Sumber :
  • Instagram/@imas_aryumningsih2016

VIVA – Bupati Kabupaten Subang, Imas Aryumningsih, meyakini keberadaan pelabuhan laut dalam (deep sea port) Patimban di wilayahnya, akan memberi efek ekonomi masif terhadap kabupaten yang ada di Jawa Barat itu.

Airlangga Sebut Pelabuhan Patimban Kurangi Macet di Jakarta

Menurut Imas, dimulainya pembangunan proyek Pelabuhan Patimban pada 2018  serta operasionalnya pada 2019, akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar, yang selanjutnya akan berdampak kepada meningkatnya pula Pendapatan Asli Daerah (PAD) Subang.

"Kami harap keberadaan Pelabuhan Patimban merupakan momentum untuk menjadikan Kabupaten Subang sejajar dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Dan tentu saja efek ekonominya akan dirasakan oleh masyarakat Subang,” ujar Imas usai bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 8 Desember 2017.

Waskita Dapat Proyek Tol Akses Patimban Rp 873 M, Menteri Basuki Pesan Ini

Imas menyampaikan, bersama sejumlah jajaran Pemerintah Kabupaten Subang, dia melaporkan kemajuan rencana pembangunan pelabuhan yang juga turut dibiayai oleh Pemerintah Jepang itu, kepada Luhut. Imas menjanjikan seluruh tahapan pembangunan pelabuhan akan berlangsung sesuai target. Menurut Imas, Luhut juga sudah memberikan penjaminan pemerintah pusat supaya proyek strategis nasional itu lancar.

"Kami juga dari Pemerintah Daerah, dengan Muspida nanti, ditambah dengan masyarakat, akan mengamankan proyek tersebut karena proyeknya besar. Mudah-mudahan secepatnya, seperti yang dinyatakan Presiden, pada 2019 nanti pelabuhan akan mulai operasional, memberi manfaat," ujar Imas.

Kemenhub Buka Rute Baru Tol Laut, Kirim Beras Ratusan Ton dari Aceh ke Jabar
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Mengenal Koridor Cincin Nusantara yang Diklaim Bisa Tekan Biaya Logistik 10 Persen

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan Pemerintah mendorong kawasan-kawasan ekonomi baru salah satunya Koridor Cincin Nusantara.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024