Pertamina Gandeng Gojek, Bensin sampai Gas Bisa Diantar

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, di SPBU Pertamina Jalan Raya Lenteng Agung Timur, Jakarta, pada Rabu, 20 Desember 2017.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – PT Pertamina (Persero) mengembangkan sekaligus memproduksi bahan bakar minyak atau BBM berstandar internasional berbasis digital. Salah satu produk yang diunggulkan ialah Pertamax Turbo.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Pertamax Turbo adalah hasil produksi kilang Refinery Unit (RU) VI Balongan dengan kualitas lebih baik. Bahan bakar jenis itu memenuhi standar emisi gas buang kendaraan Euro 4, seperti yang telah diterapkan di negara Eropa.

“Pertamax Turbo memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur lebih rendah mencapai maksimal 50 parts per million," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, dalam acara Pertamina Commitment Exhibition: Fuelling Indonesia’s Digital Future di SPBU Pertamina Jalan Raya Lenteng Agung Timur, Jakarta, pada Rabu, 20 Desember 2017.

GoTo Rugi Rp 90 Triliun pada 2023, Manajemen Ungkap Penyebabnya

Adiatama menjelaskan, dengan kandungan sulfur yang lebih rendah seperti dalam Pertamax Turbo, dampak negatif dari polusi yang dihasilkan juga semakin rendah.

Spesifikasi Pertamax Turbo telah dibuktikan melalui uji emisi oleh LAPI ITB yang mengindikasikan bahwa bahan bakar itu dapat mengurangi kadar Carbon Monoxide (CO), Hydrocarbons (HC), dan Nitrogen Oxides (NOx).

Soal Rencana Buyback Saham, Dirut Goto Kedepankan Prinsip Kehati-hatian

“Hal itu merupakan upaya Pertamina dalam memenuhi standar tersebut serta meningkatkan kualitas udara di Indonesia dengan mengurangi emisi gas buang demi kesehatan masyarakat Indonesia diusung dengan kampanye Road to Euro IV,” kata Adiatama.

Di tempat yang sama, Dirut Pemasaran Pertamina, Muhammad Iskandar, menerangkan bahwa Pertamax Turbo adalah BBM dengan kelas di atas pemain-pemain domestik dan diklaim tidak ada yang mengalahkan di pasar domestik.

“Pertamax Turbo ini memiliki RON (research octane number) 98, yakni pembakaran paling sempurna. Yang lain maksimal di Ron 95,” katanya.

Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru itu dapat ditemukan secara bertahap pada SPBU di Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat, yang selanjutnya akan dijual di seluruh Indonesia dengan kisaran harga Rp8.700 per liter.

Selain memperkenalkan Pertamax Turbo dengan spesifikasi yang lebih baik, Pertamina juga meluncurkan sederet program layanan berbasis digital yang memanjakan publik, di antaranya My Pertamina Loyalty Program dan Bright Package. Selain itu Pertamina juga mengumumkan kesepakatan kerja sama dengan Gojek untuk pengembangan layanan digital di SPBU.

Loyalty Program

My Pertamina adalah program yang menjadi salah satu pelopor kombinasi loyalty program dan cashless payment dalam bentuk aplikasi dan kartu yang terintegrasi. Aplikasi ini telah tersedia di Play Store dan App Store yang berfungsi sebagai sarana untuk mendapatkan point dan reward dari pembelian produk Pertamina.

“Untuk mengikuti program My Pertamina, pelanggan terlebih dahulu harus melakukan registrasi melalui aplikasi tersebut. Selain itu, My Pertamina juga dapat digunakan sebagai uang elektronik yang dapat di-top up secara online dari berbagai bank tanpa melalui proses tapping kartu,” kata SVP Pemasaran PT Pertamina, Gigih Irianto.

My Pertamina dapat digunakan di 60 SPBU yang tersebar di Jabodetabek, Banten, Jabar, dan akan terus berkembang ke SPBU lain.

Jadi Lifestyle

Untuk memberikan layanan yang cepat, aman, dan nyaman di era digital, Pertamina bekerja sama dengan Gojek. Kolaborasi dengan Gojek akan memberikan berbagai pilihan layanan mulai dari pengantaran BBM, pelumas hingga tabung gas. Pertamina juga akan bekerja sama terkait program loyalitas pelanggan.

“Kemudian melalui anak usaha kami PT Tugu Pratama Indonesia yang akan menyediakan pilihan asuransi bagi mitra Gojek. Kami berharap kerja sama strategis ini bisa memberikan dampak positif bagi pelanggan kami dan mitra Gojek,” kata Adiatma Sardjito.

Seiring tren pola belanja online yang menuntut pengiriman mudah, cepat, dan hemat, Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Retail, bekerja sama dengan BP Corporation dan PCP Express juga telah meluncurkan layanan ekspedisi Bright Package dengan inovasi, keunggulan, dan keuntungan untuk para konsumen setianya.

Bright Package memiliki layanan pengiriman terlengkap dengan konsep yang sangat Indonesia, setiap layanan yang dimiliki oleh Bright Package pun unik, yaitu Sarini (Sampai Hari Ini), Putra (Paket Ngebut Layanan Ekstra), Sehati (Sehari Tiba), Hemat (Harga Ekonomis Tepat Waktu), Pakde (Paket Gede), dan Pinang (Pindahan Barang).

“Saat ini Bright Package sudah tersedia di SPBU S Parman, dan akan berkembang ke SPBU Pertamina lainnya. Nantinya SPBU akan jadi lifestyle, bisa apa aja,” kata Dirut Pertamina Retail, Sofyan Yusuf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya