Jalan Nasional yang Siap untuk Libur Natal dan Tahun Baru

Kementerian PUPR
Sumber :
  • Fikri Halim / VIVA.co.id

VIVA – Libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018 sebentar lagi tiba. Tentunya masyarakat banyak memanfaatkan libur tersebut untuk berpergian atau berekreasi.

Jalanan Lampung Banyak yang Rusak, Anies Janji Dorong Pembangunan Jalan Non Tol

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan infrastruktur jalan nasional bisa digunakan dengan baik untuk mendukung kelancaran periode libur tersebut. 

Sekretaris Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Soebagiono mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk mengantisipasi dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kementerian PUPR Bangun Jalan di 18 Pulau Terluar RI

"Kita sudah koordinasi dengan Kepolisian, Pemda (pemerintah daerah), Dinas Perhubungan untuk mendukung kelancaran," katanya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis 21 Desember 2017.

Adapun sejumlah jalan nasional yang dipastikan siap mendukung tradisi tahunan itu di antaranya Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Lagi-lagi, Truk Batu Bara Bikin Macet Jalan Nasional Jambi Puluhan Kilometer

Untuk Jalan Nasional di wilayah Jawa hampir seluruhnya siap dilalui. Di antaranya di daerah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. 

Selanjutnya, Jalan Nasional di Bali, NTB dan NTT juga dipastikan siap. Sementara di Sulawesi yang sudah siap adalah Sulawesi Utara. Untuk di Maluku, Jalan Nasional yang siap, antara lain Maluku dan Maluku Utara.
 
Sedangkan untuk di Papua, lanjutnya, infrastruktur jalannya juga sudah siap. Hanya saja intensitas kendaraannya belum padat.

Pihaknya telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk memerhatikan daerah rawan bencana dan tanah longsor. Sebab, hal itu bakal mengganggu kelancaran arus lalu lintas di musim libur mendatang.

"Sehingga kalau terjadi apa-apa maksimal 6 jam peralatan sudah sampai, sehingga mudah-mudahan dalam rangka hadapi Natal dan Tahun Baru bisa berjalan baik. Kita tak hanya di lintas provinsi," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk di daerah rawan kecelakaan, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh pihak memperkuat pengamanan dan rambu-rambu lalu lintas. Lubang-lubang di jalan juga sudah diperbaiki. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya