BPS Sebut Harga Pangan Selama 2017 Lebih Stabil

Kepala Badan Pusat Satatistik, Suhariyanto
Sumber :
  • Raden Jihad Akbar/VIVA.co.id

VIVA – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar rapat koordinasi terkait pangan hari ini, Kamis 21 Desember 2017. Hasil rapat tersebut menyimpulkan bahwa pengendalian harga pangan tahun ini lebih baik ketimbang tahun lalu.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, pembahasan yang dilakukan dalam rapat tersebut hanya untuk mengantisipasi stok pangan dan stabilisasi harga pada Desember ini. Ia mengklaim harga cukup terkendali.

"Secara umum pengendalian harga pangan tahun ini lebih bagus dibanding tahun sebelumnya. Tentu kami berharap 2018 juga akan lebih baik," kata Suhariyanto usai rapat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Ia menjelaskan, secara umum itu terlihat dari inflasi pada November yang cukup terkendali. Inflasi tahun kalender sebesar 2,7 persen dan inflasi tahun ke tahun secara year on year sebesar 3,3 persen. 

"Saya harapkan pengalaman yang baik tahun ini bisa terulang di tahun depan. Untuk musim tertentu bergejolak, tapi alhamdulillah tahun ini oke, jadi kami berharap tahun depan juga begitu," kata dia. 

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Dia menambahkan, untuk menjaga stabilitas harga dan stok, memang harus ada kerja sama yang erat dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Bank Indonesia untuk mengantisipasi sejak awal. Hal itu harus menjadi perhatian. 

"Biasanya Desember harga pangan akan naik, seperti harga beras, permintaan naik, tapi sampai sekarang lebih terkontrol," ujarnya.

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Harga komoditas pangan beberapa masih mengalami kenaikan. Hal itu terjadi pada bawang merah, cabai merah keriting, daging sapi, dan gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024