Dukung Non Tunai, BRI Gandeng Alfamart Tebitkan E-Money

BRI kerja sama dengan Alfamart.
Sumber :
  • Dokumentasi BRI.

VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) melakukan Co Branding Kartu AKU BRIZZI Alfamart. Kerja sama ini merupakan salah satu strategi kedua perusahaan untuk meningkatkan kemudahan dan aksesibilitas para penggunaan transaksi non-tunai. 

Melalui Jaringan SWIFT MT101, BRI Perkuat Layanan Global Banking

Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani, mengatakan media uang elektronik ini merupakan komitmen kedua pihak untuk mendukung program elektronifikasi jalan tol, commuter line, dan menyukseskan program Gerakan Non Tunai yang telah dicanangkan oleh pemerintah sejak tahun lalu.

"Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap penggunaan transaksi non-tunai, Bank
BRI juga terus bergerak untuk menjawab kebutuhan masyarakat, salah satunya kami wujudkan melalui
kerja sama ini,” ungkap Handayani dikutip dari keterangan resminya, Jumat 21 Desember 2017. 

Aktivis Pro Israel, Parkir Gratis Alfamart Hingga Vonis Habib Rizieq

Handayani mengungkapkan, kartu ini merupakan gabungan antara kemudahan bertransaksi dengan menggunakan uang elektronik BRI, dan berbagai keuntungan yang diperoleh dari berbagai promosi yang diberikan Alfamart.

Sementara itu, Marketing Director Alfamart Ryan Alfons Kaloh mengatakan, kolaborasi dengan BRIZZI ini akan menambah ragam manfaat yang diperoleh pemilik kartu AKU Alfamart. Sehingga pada akhirnya dapat menguntungkan pelanggan. 

Tukang Parkir di Alfamart dan Indomaret Bakal Ditertibkan

Dia mencontohkan, setiap berbelanja Rp200, pelanggan akan memperoleh 1 poin. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai macam produk maupun potongan harga, baik di Alfamart maupun di merchant lainnya. 

"Lebih dari itu, dengan adanya kerja sama ini, kartu ponta juga bisa digunakan sebagai uang elektronik, sangat praktis tentunya, satu kartu untuk beragam kebutuhan,” terang Ryan.

Data Pelanggan

Dia menjelaskan, kartu AKU merupakan bagian dari program customer relationship managemen (CRM) Alfamart. Data pelanggan yang dimiliki akan menjadi patokan perusahaan untuk menyajikan produk-produk yang sesuai kebutuhan. 

“Dengan adanya kartu ini, kami bisa lebih memahami karakteristik pelanggan, seperti usia, jenis kelamin, hingga produk yang paling sering dibeli di toko kami. Jika data-datanya sudah dimiliki, promosi yang dijalankan akan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” ujar Ryan, 

Sebagai tambahan informasi, saat ini jumlah kartu BRIZZI BRI yang beredar di masyarakat berjumlah 7,6
juta kartu dengan volume transaksi sebanyak 20 juta transaksi berdasarkan laporan keuangan triwulan
III Bank BRI. Untuk Alfamart sendiri hingga kini, tercatat lebih dari 10 juta pelanggan aktif berbelanja di Alfamart dengan menggunakan kartu ponta. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya