Jokowi Resmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Bulan Ini

Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, meninjau proyek jalan Tol Brebes-Batang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dusep Malik

VIVA – Pemerintah terus mempercepat pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera. Sejumlah ruas pun bakal diresmikan dalam waktu dekat.

LMAN Kucurkan Rp650 Miliar untuk Pembebasan Lahan Tol Binjai-Langsa

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, proyek tol Trans Sumatera yang akan diresmikan bulan ini yaitu ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

"Di Trans Sumatera ada beberapa yang mau diresmikan, Januari ini seperti Bakauheni-Terbanggi Besar. Yang kemarin financial closing-nya sudah kita lakukan minggu lalu, tinggal percepatan konstruksinya bisa kita lakukan," kata Basuki di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu 3 Januari 2018.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Stabat, Intip Spesifikasi Tolnya

Ruas tol tersebut baru-baru ini diketahui telah mendapatkan suntikan dana sebesar Rp8,067 triliun dari kredit sindikasi perbankan. Sehingga, kebutuhan dana pembangunan jalan tol sebesar Rp16,7 triliun sudah dapat dipenuhi. 

Basuki pun menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan otoritas terkait khususnya di tingkatan menteri demi mempercepat pembangunan proyek tol yang sedang dikerjakan.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Penghubung Sumatera Utara dan Aceh

"Intinya kadang tiap dua minggu (rapat), kadang sebulan kita pasti kumpul. PU (Pekerjaan Umum), ATR (Agraria Tata Ruang) BUMN, Kadang-kadang ada kejaksaan agung untuk membicarakan masalah-masalah yang berat," ujarnya.

Ruas Trans Sumatera lain yang menurutnya ada proses kemajuan adalah ruas Padang-Pekanbaru. Pihak Jepang akan turut serta memberi pinjaman di proyek tersebut.

"Yang kita mau dapat VGF (viability gap funding) dari Jepang itu yang Padang-Pekanbaru . Sekarang lagi (bahas) detailnya," katanya," 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya