Inflasi Meningkat, Bulog Akui Harga Beras Naik Akhir 2017

Gudang Bulog
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan beras merupakan salah satu komoditas terbesar penyumbang inflasi pada Desember 2017 yang sebesar 0,71 persen. Kenaikan inflasi itu pun membuat inflasi sepanjang 2017 menjadi 3,61 persen.

Mendag Zulhas Buka-bukaan Penyebab Harga Beras Naik di Depan DPR

Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti mengakui adanya kenaikan harga beras belakangan ini. Hanya saja, dia mengatakan, kenaikan harga beras tersebut bukan akibat dari stok Bulog yang berkurang.

"Iya (harga beras naik) tapi kan enggak banyak naiknya. Kalau Bulog masih punya stok. 900, hampir satu juta (ton)," kata Djarot usai Rakor Pangan di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis 4 Januari 2018.

Bobby Nasution Klaim Harga Beras di Kota Medan Turun

Ia pun mengatakan siap menggelontorkan sebanyak mungkin beras yang ada di stok Bulog ke pasar sesuai kebutuhan masyarakat. Selain itu, jika ada arahan dari menteri pertanian menyerap beras petani, Bulog siap akan hal itu.

"Kami kalau diminta pasti dilakukan," katanya.

300 Ribu Ton Beras Impor dari Thailand dan Pakistan OTW RI Jelang Ramadhan

Selain itu, ia pun menyebut akan bekerja sama menjaga pasokan beras dengan pasar induk beras Cipinang dan food station. Untuk harga beras Bulog akan dijual di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Dari Bulog dijual ke konsumen tidak boleh menyentuh HET, untuk mendisiplinkan kami. HET kami kan Rp9.450 (per kg). Jadi yang ambil beras operasi Bulog tidak boleh menjual mendekati atau melampaui Rp9.450," kata dia. (art)

Ilustrasi barang pangan pendorong inflasi.

Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengaku optimis bahwa inflasi Indonesia akan makin melandai ke depannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024