Begini Lima Cara Melompati Zona Nyaman

Ilustrasi pria berbisnis.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Perkembangan zaman yang semakin pesat, membuat persaingan bisnis dan usaha tidak lagi sebatas negara, tetapi juga seluruh dunia. Mengembangkan bakat dan tampil lebih percaya diri, merupakan salah satu jalan terus berkompetisi.

Ramalan Zodiak Rabu 21 Juni 2023, Scorpio: Keluarlah dari Zona Nyaman

Kamu juga tetap harus tampil percaya diri, guna memperlihatkan diri kamu yang lebih menonjol dibandingkan orang lain. Tetapi, saat ini juga masih banyak orang yang ragu akan kualitas, atau tampil tidak percaya diri.

Padahal, manusia sebetulnya telah dikarunia nilai yang tak terbatas, sebelum ia menjelajahi segala hal yang ada pada dirinya. Sehingga, kita pun tidak berlebihan untuk memperkenalkan diri kita ke seluruh dunia.

3 Sosok Jadi Inspirasi untuk Keluar Zona Nyaman Demi Capai Hal Baru dalam Hidup

Sebagai manusia yang dapat terus bertumbuh dan berkembang, kita pun mengharapkan peningkatan dalam segala sektor, yang membuat kita semakin menyukai hal yang kita lakukan.

Masalahnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk membuat dirinya berkembang. Bisa dibilang bahwa orang tersebut sudah berada dalam zona nyaman, sehingga tidak sulit untuk keluar dari zona tersebut.

Megawati kepada Kader PDIP: Kalau Ada yang Tak Setuju, Silakan Mundur

Agar lebih mengenal diri sendiri dan terus berkembang ke arah yang lebih baik, kamu butuh pengorbanan yang cukup menyita waktu. Tetapi, tak hanya waktu saja kamu juga harus meninggalkan jauh-jauh zona nyaman. Entah itu untuk mencari tempat lain yang lebih baik, atau sekadar merasakan hal baru yang akan kamu temui.

Masalahnya, banyak orang yang menolak untuk melakukan hal ini, karena dinilai sangat sulit untuk dilakukan, padahal jika kamu tekun dan berusaha keras kamu dapat melakukannya.

Perlunya berkembang membuat kamu pasti membutuhkan sebuah zona baru dan menemukan hal baru di luar sana. Jangan khawatir, jika kamu kebingungan bagaimana caranya keluar dari zona nyaman tanpa harus mengorbankan pekerjaan di kantor.

Maka di sini, ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari zona nyaman. Berikut ini, lima cara yang bisa dilakukan tanpa meninggalkan pekerjaan yang sekarang kita miliki, seperti dikutip dari Cermati.com, Senin 8 Januari 2017:

1. Buat tantangan pada diri sendiri.

Buatlah tantangan yang buat kamu lebih bersemangat dan memiliki tujuan. Tantangan ini nantinya akan membawa kamu ke sebuah pengalaman dan hal baru di luar sana.

Buatlah sebuah tantangan untuk diri sendiri seiring berjalannya waktu kamu akan mengetahui apakah kamu bisa melalui tantangan tersebut atau tidak.

2. Cari pekerjaan tambahan

Saat kamu dilanda rasa nyaman atas rutinitas pekerjaan. Cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang menawarkan hal baru. Dari pekerjaan sampingan itu juga, kamu akan belajar bagaimana caranya mengatur tanggung jawab antara pekerjaan sampingan dan pekerjaan utama kamu.

3. Buka usaha

Beranilah melakukan terobosan untuk menjebol dinding yang membatasi gerak kamu. Lakukanlah hal baru seperti mengembangkan usaha pribadi. Di sini, kita dapat belajar untuk tetap berada dalam pekerjaan yang ada dan tetap menjalaninya.

Usaha pribadi yang kamu kembangkan nantinya akan menjadi pembuktian bahwa kamu telah sukses melompati zona nyaman. Pembuktian tersebut juga dapat menjadi kepuasan diri sendiri.

4. Rencanakan masa depan

Tidak ada satu pun yang tahu seperti apa masa depan termasuk diri sendiri. Karena itu, hal yang sudah sepantasnya dilakukan adalah membuat rencana masa depan.

Rencana masa depan tersebut dapat menjadi sebuah modal di saat kita berada di usia yang tidak produktif lagi. Nantinya dengan rencana masa depan tersebut, kamu tetap bisa mencukupi hidup walaupun sudah berada di hari tua dan kamu dapat menikmatinya.

5. Perhatikan risiko

Ketika kita telah bertekad untuk keluar dari zona nyaman, saat itulah kamu akan siap menghadapi segala risiko yang menghadang kamu suatu saat nanti. Dan, dengan pemahaman kita akan risiko yang telah dihadapi juga dapat menjadi sebuah cambukan yang akan membuat kita lebih bersemangat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya