Harga Pangan Naik, Darmin Nasution: Hal yang Wajar

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • Chandra Gian Asmara/VIVA.co.id

VIVA – Harga sejumlah bahan pangan mulai merangkak naik di awal 2018. Mengutip data Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, salah satunya yang cukup melonjak tinggi adalah harga cabai merah besar yang kini mencapai Rp33 ribu per kilogram di mana sebelumnya, pada Jumat, 5 Januari, sempat menyentuh Rp28 ribu per kg.

Meroketnya Harga Pangan Buat Nilai Tukar Petani Desember 2021 Naik

Selain itu, masih berdasarkan data SP2KP Kemendag, harga beras medium per hari ini mencapai Rp11.131 per kg, atau naik sedikit dibanding harga sebelumnya, pada Jumat pekan lalu, sebesar Rp11.041 per kg.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pergerakan harga itu adalah hal yang wajar. Adapun, penyebabnya lebih dikarenakan faktor cuaca dan musim penghujan.

Airlangga: Harga Pangan yang Naik Akhir Tahun Untungkan Petani

"Sebenarnya lebih banyak karena musim sehingga panen yang terjadi di bulan Januari ini tidak bagus hasilnya karena hujannya banyak. Tapi, ya, memang faktor cuaca. Persoalannya masyarakat lebih didorong untuk menanam, sehingga panennya keluar begitu juga," kata Darmin di kantornya, Senin malam, 8 Januari 2018.

Ia pun menambahkan pemerintah telah melakukan operasi pasar melalui Perum Bulog seketika ada kenaikan harga. Operasi pasar pun terus dilakukan sejak tiga bulan terakhir. "Kalau operasi pasar pelan-pelan sudah lama. Untuk kenaikan ini sudah dilakukan sejak tiga bulan terakhir," ujarnya.

PBB: Harga Pangan Global Melonjak ke Level Tertinggi dalam 10 Tahun
Pembeli dan penjual daging sapi di Pasar Slipi, Palmerah, Jakarta Barat.

Usai Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Harga jual daging sapi jelas Ramadan tercatat berada di atas Rp120 ribu per kilogramnya atau mencapai Rp140 ribu per kilogram.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022