Mau Coba Tinggal di Apartemen, Biaya Ini Wajib Diketahui

Dekorasi apartemen minimalis.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayu Utami Paramitha

VIVA – Apartemen ternyata masih menjadi pilihan utama karena memang harganya lebih murah dibandingkan dengan rumah tapak. Pasti tahu, harga tanah semakin mahal saja untuk kota seperti Jakarta dan Surabaya.

Jasad Pria Paruh Baya Buat Geger Apartemen di Tebet, Polisi Ungkap Penyebab Kematiannya

Namun, meski harga apartemen masih terbilang murah, ternyata biaya hidup di kota-kota tersebut terbilang mahal. Pendapat tersebut pun bukan berarti tanpa penolakan. Sebab ada yang punya pendapat lain mengenai hal tersebut.

Pertama, biaya hidup murah atau mahal tergantung dari kondisi finansial tiap-tiap individu. Kedua, biaya satu apartemen dengan apartemen lainnya sudah berbeda dan sangat mungkin kisaran harganya cukup jauh.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Lalu, pengelola apartemen tidak hanya satu di setiap kota. Jadi sangat mungkin berbeda, kecuali apartemen tersebut memang dikelola oleh perusahaan yang sama.

Namun, umumnya biaya hidup apartemen hampir serupa dan ternyata pendapat tentang biaya hidup di apartemen mahal tidak semuanya benar. Berikut ini biaya yang wajib dibayar saat tinggal di apartemen, seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu, 10 Januari 2018:

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

1. Biaya pemeliharaan (maintenance)

Biaya ini digunakan pengelola untuk membayar para karyawan dan jasa yang diberikan semisal petugas bersih-bersih. Besar biayanya tergantung dari seberapa luasnya unit yang dimiliki.

Jika tidak terlalu luas, biaya maintenance pun tidak terlalu besar. Namun, masih ada biaya lainnya. Makin besar unit yang dimiliki, ongkos yang diperlukan pun juga akan lebih besar.

Rata-rata biaya maintenance apartemen di Jakarta adalah Rp10-15 ribu per meter. Misalnya, luas unit adalah 30 meter persegi maka biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp450 ribu. Seperti itulah hitungannya.

2. Biaya sinking fund

Biaya ini mirip dengan biaya maintenance. Bedanya, biaya ini digunakan untuk memelihara dan memperbaiki fasilitas yang ada. Misalnya, lift, saluran air, sampah, dan jaringan listrik.

Besaran biaya sinking fund juga berbeda-beda. Bisa 10-15 persen dari biaya maintenance tergantung kebijakan pengelola apartemen dan tentu saja fasilitas yang disediakan.vMeskipun tidak ada kerusakan yang terjadi pada fasilitas, biaya ini tetap berjalan.

3. Biaya air dan listrik

Perlu diketahui besaran biaya air dan listrik dengan biaya perawatan air dan listrik berbeda. Biaya ini ditujukan khusus untuk pemakaian air dan listrik.

Tarif dasar yang diberikan untuk air dan listrik di apartemen lebih tinggi dibandingkan rumah tapak. Hal tersebut disebabkan masuknya biaya komersial juga dalam tagihan.

4. Biaya parkir

Biaya parkir di apartemen berbeda-beda, tergantung dari kebijakan dari pihak pengelola. Ada yang menggratiskan kendaraan pertama, lalu mulai bertarif untuk kendaraan selanjutnya.

Ada juga yang membayar semua kendaraan. Biasanya akan dibayarkan pada akhir bulan. Tapi, tentu saja tarif parkirnya lebih murah ketimbang biaya parkir per jam.

5. Biaya renovasi dan dekorasi

Sejumlah apartemen juga mengenakan biaya renovasi dan dekorasi. Biaya ini disebut fitting out. Banyak dari para penghuni apartemen mengeluhkan adanya biaya ini.

Ini karena saat ingin mengubah dekorasi apartemen, Anda harus membayarkan biaya kepada pengelola apartemen. Misalnya, saat mau pasang kitchen set, ada ongkosnya sendiri. Begitu juga saat akan mengecat dinding.

Bahkan, ada juga apartemen yang mewajibkan biaya jika ingin memasang cermin di ruangan. Setiap penghuni diwajibkan untuk melapor terlebih dahulu jika ingin mendekorasi ruangan.

Kalau tidak melaporkannya, akan terkena denda dan aktivitas yang dilakukan dihentikan. Biaya ini lumayan besar. Tak hanya satu saja, Anda juga harus mendepositkan sejumlah uang. Itu berguna sebagai dana untuk berjaga-jaga ketika proses mendekor sebabkan kerusakan di lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya