Banyak yang Cuek, Ini Pentingnya Dana Darurat

ilustrasi liburan tanpa habiskan tabungan
Sumber :
  • Halomoney.co.id

VIVA – Tahun sudah berganti, apa kabar pengelolaan finansial Anda? Pastikan Anda memiliki perencanaan keuangan yang baik, sehingga tahun ini bisa Anda jalankan dengan kondisi finansial lebih sehat dan terkelola. 

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Salah satu hal penting dalam pengelolaan keuangan yang sehat adalah kepemilikan dana darurat keluarga. Ironisnya, banyak orang yang tidak terlalu menganggap penting kebutuhan dana darurat, sehingga saat terjadi situasi darurat yang membutuhkan sokongan finansial, kesehatan keuangan mereka langsung goyah. 

Kebutuhan dana darurat sebaiknya bisa Anda persiapkan jauh-jauh hari. Sesuai namanya, dana darurat adalah dana yang perlu dimiliki untuk mengantisipasi berbagai kejadian darurat yang membutuhkan uang.

Layanan Gaji Ini Bisa Bikin Karyawan Lupakan Istilah Tanggal Tua

Nilai kebutuhan dana darurat berbeda-beda setiap orang. Namun, secara umum, besar kebutuhannya adalah tiga hingga enam kali nilai pengeluaran bulanan. 

Angkanya bisa lebih besar bila status Anda sudah beranak istri. Hal yang mengingat nilai kebutuhan sudah pasti lebih besar bagi mereka yang sudah menikah dan memiliki tanggungan.

5 Alasan Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

Nah, ada tiga alasan yang dihimpun halomoney.co.id mengapa dana darurat penting Anda siapkan mulai sekarang. Berikut ini ulasannya. 

1. Antisipasi cicilan

Hampir semua orang kini memiliki tanggungan utang, baik utang jangka pendek atau jangka panjang. Utang kepada lembaga keuangan seperti bank atau utang pada kerabat. Nah, dana darurat akan sangat dibutuhkan sebagai jaring pengaman utama ketika mendadak Anda kehilangan pekerjaan sedangkan beban cicilan utang harus terus dibayarkan.
 
Dengan kepemilikan dana darurat, Anda tidak perlu langsung menubruk utang baru sekadar untuk menutup beban utang lama. Anda juga tidak perlu mengorbankan uang sekolah anak Anda untuk membayar cicilan.

2. Pengamanan dana sekolah anak

Anggaplah Anda saat ini sudah mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan anak ke jenjang yang lengkap dari jauh-jauh hari. Anda mencicil kebutuhan dan pendidikan anak-anak Anda dengan berinvestasi rutin di instrumen keuangan.

Nah, jangan sampai ketika dana pendidikan anak sudah hampir tercapai, lantas gara-gara terkena PHK, nasib sekolah anak menjadi terbengkalai. Dalam kondisi seperti itu, Anda bisa tertolong oleh dana darurat yang sudah disiapkan, sehingga nasib sekolah anak tidak terancam.

3. Kebutuhan dana berobat yang tidak bisa ditunda

Musibah tidak bisa kita prediksi. Begitu juga sakit atau kecelakaan yang bisa saja menimpa seseorang kapan saja tanpa diduga. Nah, bila Anda sejauh ini belum memiliki asuransi jiwa atau kesehatan, atau sudah memiliki asuransi namun sistemnya reimbursement (tidak cashless), dana darurat sangat penting untuk  mengantisipasi kedaruratan akibat sakit atau kecelakaan.

Anda bisa terlebih dulu memakai dana darurat untuk memenuhi kebutuhan tersebut ketimbang langsung berpaling mencari utang. Lebih-lebih, utang dalam waktu singkat biasanya biayanya mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya