Akhirnya RI Impor Beras 500 Ribu Ton Amankan Stok

Operasi pasar beras
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Pemerintah mengimpor hingga 500 ribu ton beras jenis khusus dari sejumlah negara seperti Vietnam dan Thailand. Upaya itu untuk menyikapi menipisnya stok komoditas pangan utama tersebut sambil menunggu panen kembali stabil.

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan bahwa beras impor tersebut ditargetkan tiba di Indonesia pada akhir Januari 2018.

"Saya tidak mau mengambil risiko kekurangan pasokan. Saya mengimpor beras khusus, beras yang tidak ditanam di dalam negeri. Kami kemudian memasok beras impor. Dengan demikian, maka tidak ada kekhawatiran kekurangan pangan," ujar Enggartiasto Kamis malam, 11 Januari 2018.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Menurut Enggartiasto, pemerintah memproyeksi stok kembali stabil usai panen mencapai hasil yang mencukupi pada Februari atau Maret 2018.

Ia memastikan bahwa pemerintah saat ini sudah memegang kendali kembali atas harga beras yang sempat naik, melalui langkah-langkah yang diambil, termasuk impor.

Korupsi Beras Bansos di Lombok, Uangnya Diduga untuk ‘THR’

"Masalah perut, masalah pangan, itu menjadi prioritas," ujar Enggartiasto. (art)

Ilustrasi harga beras.

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Badan Pangan Nasional (Bapanas) memberlakukan relaksasi harga eceran tertinggi (HET) beras medium di pasaran. HET dinaikkan meski sedang panen raya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024