JK Nilai Tenggelamkan Kapal Cukup, Saatnya Susi Fokus Ekspor

Penenggelaman kapal pencuri ikan di perairan laut Maluku oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Izzac Mulyawan

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, bahwa tindakan penenggelaman kapal ikan asing ilegal yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada dasarnya didukung oleh seluruh unsur pemerintahan.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

Pernyataan ini menanggapi sikap Jokowi yang mendukung tindakan penenggelaman karena menunjukkan sikap tegas Indonesia untuk melindungi kekayaan lautnya.

Meski demikian, menurut JK, senada dengan Jokowi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saat ini juga sebaiknya memfokuskan diri kepada upaya peningkatan ekspor ikan Indonesia. Tindakan penenggelaman, tercatat telah dilakukan setidaknya kepada 380 kapal sejak 2015.

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

"Dengar kata-kata Pak Jokowi, bahwa penenggelaman kapal memang dibutuhkan, tapi sekarang harus fokus ke ekspor. Artinya, sudah cukup penenggelaman. Itu sudah cukup artinya, sama saja," ujar JK di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat, 12 November 2018.

JK menyampaikan, pemerintah juga secara umum memiliki sikap yang sama terkait tindakan penenggelaman kapal yang menjadi polemik belakangan. Hanya, menurut JK, gaya setiap pihak yang terkait dalam menyampaikan pernyataannya menjadi salah diartikan sebagai silang pendapat oleh masyarakat.

JK: Ceramah di Indonesia Bisa Kritik Pemerintah, Negara Lain Mana Bisa

"Semua mendukung. Hanya, Pak Jokowi (memiliki gaya bicara) seperti itu. Jokowi bicara dengan gaya Jokowi, Luhut bicara dengan gaya Batak, secara langsung." (mus) 

Ketua Umum DMI sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Markaz Al Islami HM Jusuf Kalla (JK) saat memberikan arahan kepafa pengurus baru yayasan di Masjid Al Markaz Al Islami di Jalan Masjid Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (10/3/2024)

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (JK) mengingatkan kepada umat Muslim untuk mengintrospeksi diri menyambut Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024