Cara Menkeu Sri Pastikan Impor Beras Transparan

Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kenaikan harga pangan terutama beras menjadi salah satu komponen penting bagi pemerintah dalam mengendalikan inflasi. Beberapa bulan belakangan ini pemerintah pun sudah melihat adanya gejala kenaikan harga beras.

300 Ribu Ton Beras Impor dari Thailand dan Pakistan OTW RI Jelang Ramadhan

Dia pun mengungkapkan, salah satu cara melakukan stabilisasi harga untuk mencegah inflasi adalah impor beras. 

"Pemerintah waktu itu setelah dilakukan rapat koordinasi dengan pak Wapres dan menteri terkait fokus untuk menstabilkan harga beras itu menjadi salah satu yang utama pada bulan-bulan ini," kata Sri di kantornya, Senin 15 Januari 2018.

Impor Beras dengan Alasan dampak El Nino Aneh, Menurut Peneliti BRIN

Dia mengatakan, untuk memastikan impor beras transparan, pengawasan dari internal Kemenkeu melalui Ditjen Bea Cukai akan dilakukan. Koordinasi pun akan dilakukan dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian untuk memastikan proses impor yang dilakukan transparan. 
 
"Katakanlah policy impor beras, atau melakukan dari sisi kelancaran dari arus barang dari sisi pemerintah sehingga inflasi itu bisa ditekan atau distabilkan pada level yang tetap terjaga rendah," tuturnya.

Aktivitas bongkar muat beras impor asal Vietnam di atas kapal Sumber : ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Impor Beras RI Januari-Februari Tembus 881 Ribu Ton, Paling Banyak dari Thailand

BPS mencatat, sepanjang Januari-Februari 2024 sebanyak 881 ribu ton beras impor masuk ke Indonesia. Paling banyak berasal dari Thailand, Pakistan, dan Myanmar

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024