Kenaikan Harga Beras Mulai Menular ke Kota Serang

Pemerintah Tetapkan Harga Eceran Tertinggi Beras
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Makna Zaezar

VIVA – Harga beras berbagai jenis di Pasar Induk Rau (PIR) mengalami kenaikan. Untuk beras kualitas rendah, dijual dengan harga Rp11 ribu per kilogram dari harga normal Rp9 ribu per kg. Sedangkan beras premium, dari sebelumnya Rp12 ribu, kini menjadi Rp13.500 per kg nya.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

"Enggak tahu telat panen apa permainan (tengkulak), enggak tahu. (Pembeli) pada ngeluh," kata Irul, pedagang toko Beras Amanah di PIR, Kota Serang, Selasa 16 Januari 2018.

Menurut prediksi Bulog, kenaikan harga beras hampir terjadi di seluruh wilayah Banten. Di mana, beras dari Bulog disalurkan ke pedagang yang kemudian dijual seharga Rp9,300 per kg ke konsumen.

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

"Ada kenaikan harga beras. Rp11-12 ribu sampai ada yang Rp13 ribu per kg, beras jenis medium normalnya Rp8-9 ribu per kg," kata Arlan Ismail, petugas penyakit beras OP, saat ditemui di PIR, Kota Serang, Banten.

Guna menekan kenaikan harga beras, Bulog melakukan Operasi Pasar (OP) di beberapa pasar, seperti di Pasar Baros Kabupaten Serang, Pasar Lama dan PIR Kota Serang.

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

Di PIR, Bulog sub Drive Serang menyalurkan 16 ton beras, lalu di Pasar Baros satu ton, sedangkan di Pasar Lama disalurkan sebanyak tiga ton beras tipe premium.

"(Beras yang kita salurkan) jenis beras medium, dijual Rp9.300 per kg. OP udah seminggu yang lalu," Terangnya.

Simulasi Makan Siang di Tangerang, Menko Airlangga Hartarto

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan membutuhkan 6,7 juta ton beras per tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024