Tanda-tanda Ini Bisa Buat Anda Dipecat dari Pekerjaan

Ilustrasi surat pemecatan
Sumber :
  • flickr

VIVA – Dipecat dari pekerjaan Anda, bisa jadi disebabkan oleh sejumlah hal yang telah dilanggar. Hal itu dilihat dari berbagai tanda-tanda, yang bisa jadi Anda ketahui sebelumnya.

Dirut Transjakarta Klaim Pemecatan 8 Karyawan Sudah Sesuai Mekanisme

Dilansir dari Business Insider, Jumat 19 Januari 2018, pemecatan perusahaan bisa disebabkan atasan mengetahui tindak tanduk pekerjaan Anda. Atau, mungkin Anda terlibat sejumlah masalah di kantor dan perubahan organisasi kantor.

Untuk itu, agar bisa mengetahui tanda-tanda klasik bahwa pekerjaan Anda dalam bahaya perlu mengetahui hal ini, sehingga dapat mempersiapkan diri atau bahkan memperbaiki diri sebelum terlambat.

Andre Rosiade Kritisi Pemecatan Mirah Sumirat

Adapun, tanda-tanda tersebut antara lain:

1. Anda menerima penilaian kinerja yang buruk

Habis Dilamar Kekasih di Atas Pesawat, Pramugari Dipecat

Evaluasi negatif tidak selalu sama dengan dipecat, tetapi seiring dengan umpan balik buruk lainnya, ini bisa berarti masalah. Karena, atasan butuh bukti dalam kertas untuk bisa memperingatkan Anda dalam kinerja pekerjaan.

Bila Anda mendapatkan lebih dari satu review kinerja buruk berturut-turut, adalah tanda yang sangat buruk. Serangkaian ulasan kinerja itu bisa menjadi pertanda penting bahwa pekerjaan Anda dalam bahaya.

2. Anda tertinggal dari rekan kerja

Jika tiba-tiba sulit mengakses data penting yang membantu Anda berkinerja baik dalam pekerjaan Anda, atau Anda tidak diundang ke pertemuan penting, atau tidak disertakan pada email, maka itu bisa menjadi pertanda buruk.

Mungkin ada alasan lain mengapa hal ini terjadi, tetapi pastilah mungkin pemimpin Anda telah kehilangan kepercayaan, atau keyakinan akan kemampuan Anda, membuat Anda rentan kapan dan jika terjadi PHK.

3. Mendapat pekerjaan yang tidak mungkin tercapai

Ketika Anda mendapat pekerjaan ini, maka anda mendapatkan hal yang sengaja untuk bisa sulit dicapai. Hal itu, seperti Anda ditugaskan mengerjakan proyek mendaki Gunung Everest, tetapi dengan mata tertutup.

Dengan pemberian pekerjaan ini, kadang kita berpikir bahwa itu cobaan untuk kita naik kelas. Namun, faktanya perusahaan justru ingin menyingkirkan Anda, tapi memerlukan bukti kuat untuk melakukannya.

4. Atasan memperingatkan Anda lebih dari sekali

Peringatan formal bukanlah hal yang baik dalam pekerjaan. Sebab, pastinya Anda sudah menerima peringatan lisan, peringatan tertulis, dan mungkin bahkan peringatan tertulis kedua.

Jika sudah mendapatkan semua itu, ketahuilah bahwa ada kabar buruk lainnya yang akan datang berikutnya.

5. Hubungan dengan atasan Anda memburuk

Dulu kamu teman atau paling tidak bersahabat dengan atasan, tetapi sekarang ada ketegangan kapan pun kamu berada di ruangan yang sama. Begitu hubungan itu memburuk hingga menjadi racun, maka Anda mungkin dalam bahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya