Bappenas: Shutdown AS Cuma Sebentar, Ekspor Impor RI Aman

Ilustrasi pelabuhan peti kemas di Amerika Serikat.
Sumber :
  • reuters

VIVA – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan, shutdown Amerika Serikat, bukan hal yang baru bagi Indonesia karena sebelum Presiden Trump, presiden Amerika sebelumnya juga pernah terjadi shutdown.

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

"Saya optimis shutdown Amerika, tidak akan berlangsung lama dan tidak akan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia," katanya di sela-sela Seminar Inequality And The Role Of Technology In Shaping The Future Of Work di Yogyakarta, Selasa 23 Januari 2018.

Menurutnya, shutdown yang terjadi kali ini, karena ada pengurangan kegiatan untuk hal-hal yang spesifik dan tentunya shutdown ini tidak terjadi di pelabuhan atau tempat lain.

Neraca Perdagangan Oktober Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi

"Jadi, untuk ekspor tidak akan terpengaruh, apalagi yang melakukan bisnis tidak hanya pemerintah namun juga pihak swasta," ucapnya.

Lebih jauh, Bambang mengatakan, Partai Demokrat dan Republik akan segera mengakhiri shutdown karena pemerintah Amerika tak ingin lama-lama shutdown.

RI Dorong ASEAN 'Tinggalkan' Dolar AS, Ini Keuntungannya

"Kalau kelamaan shutdown, tentunya akan mengganggu kegiatan di pemerintahan Amerika sendiri," ungkapnya.

Ilustrasi ekspor impor.

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Bank Indonesia (BI) menilai surplusnya neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2024 akan menopang ketahanan eksternal perekonomian RI ke depan.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024