Jokowi Tegaskan RI Siap Bantu Pembangunan Sri Lanka

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana saat berkunjung di Sri Lanka.
Sumber :
  • Setkab.go.id

VIVA – Presiden RI Joko Widodo menyatakan kesiapan Indonesia, membantu pembangunan infrastruktur Sri Lanka.

Terpopuler: Peluncuran Rudal Balistik India hingga Pesawat Lion Air Memutar-mutar di Langit Binjai

Hal itu disampaikan Jokowi kepada Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena dalam kunjungan kenegaraan Jokowi ke negara Asia Selatan itu di Presidential Secretariat, Colombo, Rabu malam waktu setempat, 24 Januari 2018.

"Kedua negara perlu memperkuat kerja sama," ujar Jokowi, dikutip VIVA dari keterangan resmi Biro Pers Istana, Kamis 25 Januari 2018.

Peluncuran Rudal Balistik India di Teluk Benggala 'Paksa' Lion Air Mendarat di Kualanamu

Salah satu hal yang ditindaklanjuti adalah ekspor gerbong kereta api penumpang atau barang oleh BUMN PT INKA ke sana. Selain itu, mantan Gubernur DKI ini juga menekankan penguatan kerja sama dalam hal pendidikan dan penanganan bencana sebagai bagian dari pelaksanaan kerja sama pembangunan kapasitas kedua negara.

Jokowi juga mendorong kerja sama ekonomi kedua negara yang lebih kompetitif, antara lain dengan pembentukan Free Trade Agreement (FTA) yang ditindaklanjuti dengan negosiasi Trade in Goods (TIGs) yang ditargetkan selesai dalam waktu kurang dari dua tahun.

10 Negara Termurah untuk Dikunjungi di Tahun 2024

Tindakan lainnya yang dilakukan adalah pembentukan Kelompok Kerja Perdagangan dan Investasi yang bertugas mengatasi hambatan-hambatan ekonomi, juga penjajakan kerja sama 'Cross Regional Cumulation' di sektor kain sebagai tindak lanjut dari kerja sama serupa yang sudah berjalan di bidang tembakau sejak 2014.

“Saya menyambut baik kesepakatan untuk membentuk Kelompok Kerja Perdagangan dan Investasi,” ujar Jokowi.

Kota Beijing, China.

Sejumlah Negara Kaji Kembali Hubungan dengan China dan Beralih ke India untuk Stabilitas

Berbagai negara mulai mempertimbangkan kembali hubungan mereka dengan China, memilih alternatif yang menjanjikan stabilitas dan kepercayaan. India muncul sebagai pesaing.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024