Korut Membangkang Larangan PBB, Kirim Batu Bara ke Rusia

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan petiggi militer.
Sumber :
  • Reuters/KCNA

VIVA – Korea Utara tahun lalu mengirimkan batu bara ke Rusia, yang kemudian dikirim ke Korea Selatan dan Jepang. Hal ini diduga melanggar sanksi yang telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Dewan Keamanan PBB melarang ekspor batu bara Korea Utara sejak 5 Agustus 2017, di mana sanksi tersebut dimaksud untuk memotong sumber penghasilan asing untuk Pyongyang, yang digunakan untuk mendanai senjata nuklir dan rudal jarak jauhnya.

Namun, negara terisolir itu setidaknya sudah tiga kali mengirimkan batu bara ke pelabuhan Nakhodka dan Kholmsk di Rusia, di mana batu bara tersebut diturunkan di dermaga, lalu dimuat kembali ke kapal yang membawanya ke Korea Selatan atau Jepang.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Agen pengiriman secara terpisah mengatakan bahwa beberapa kargo tersebut telah tiba di Jepang dan Korsel pada Oktober lalu. Selain itu, seorang sumber dari Amerika juga mengonfirmasi perdagangan batu bara melalui Rusia dan mengatakan hal itu terus berlanjut.

"Pelabuhan Nakhodka Rusia menjadi pusat trans-shipping untuk batubara Korea Utara," kata salah satu sumber yang tak disebutkan namanya, dilansir dari Reuters, Jumat 26 Januari 2018.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Ekspor batu bara Korut pada awalnya ditutup berdasarkan resolusi Dewan Keamanan di tahun 2016, yang mewajibkan negara-negara untuk melaporkan impor batu bara bulanan dari Korut ke komite sanksi dewan tersebut, dalam waktu 30 hari setelah akhir bulan. (ren)

Ilustrasi agama di dunia

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ateisme secara umum merujuk pada ketidakpercayaan terhadap keberadaan Tuhan, dan seseorang yang menganut pandangan ini disebut sebagai ateis. Di Indonesia, hal itu tabu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024