Mengejutkan, Korut Minta Warganya Dukung Reunifikasi

Pertemuan delegasi Korea Utara dan Korea Selatan saling bersalaman.
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Korea Utara membuat pengumuman mengejutkan. Diumumkan kepada semua warga Korut, baik yang berada di negeri itu maupun di luar negeri bahwa Korut akan mengarah pada sikap unifikasi dengan Korsel. 

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Namun, sebagaimana dilansir Reuters, pengumuman tersebut mensyaratkan bahwa unifikasi tidak akan dilakukan dengan bantuan maupun mediasi negara-negara lain.

Korut meminta agar warganya mulai melakukan kontak dengan warga Korsel, juga melakukan perjalanan ke Negeri Ginseng itu. Meski demikian, Korut menilai, hambatan reunifikasi ini adalah adanya kehadiran tentara koalisi dari AS maupun Jepang di semenanjung yang selama ini menyokong Korsel.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Pengumuman itu dikeluarkan usai adanya pertemuan antara pemerintah Korut dan partai politik di negeri itu yang menyepakati dorongan perdamaian dan sebaliknya mengecam adanya aktivitas militer asing di wilayah Semenanjung Korea.

Latihan gabungan militer dan unjuk kekuatan yang dilakukan oleh tentara sekutu yaitu dari AS dan Jepang menurut otoritas Korut, sama sekali tak akan membantu terwujudnya perdamaian dua negara apalagi berfaedah menciptakan reunifikasi.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Tahun ini diketahui bahwa Korut mengirimkan kontingennya ke Olimpiade Musim Dingin yang akan dihelat Februari 2018 di Pyeongchang, Korsel. Dari 22 atlet Korut, setengahnya adalah atlet hoki yang akan bergabung dengan tim Korea Selatan dan maju dengan membawa nama kontingen Korea. (art)

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024