RI Dorong Bangun Cepat Jembatan Penghubung ke Timor Leste

Menlu Retno Marsudi dan Menlu Timor Leste Aurelio Guterres
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan komitmen pemerintah Indonesia, untuk menguatkan hubungan kerja sama dalam bidang ekonomi dengan Timor-Leste, khususnya dalam pembangunan infrastruktur.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Hal ini disampaikan Retno, saat menerima kunjungan kerja Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Republik Demokratik Timor-Leste, Aurelio Guterres di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, Rabu 31 Januari 2018.

"Kami sepakat agar pembangunan jembatan Motaain dapat segera dilakukan, karena ini penting. Artinya, untuk menjadi jembatan people contact dan penghubung kegiatan ekonomi kedua negara," ujar Retno dalam pernyataan pers, usai melakukan pertemuan bilateral dengan Aurelio.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Retno mengatakan, rencana pembangunan jembatan tersebut akan segera ditandatangani dan akan disampaikan dalam rapat kabinet Timor-Leste yang akan dilaksanakan dalam waktu segera.

"Saya minta, agar minggu kedua Februari, dokumen kerja sama itu sudah ditandatangani, sehingga pembangunan jembatan Motaain bisa dimulai pada bulan Maret, karena ini penting untuk ekonomi di perbatasan," ujar Retno.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Indonesia berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Timor-Leste, sebab sudah banyak kerja sama pembangunan infrastruktur yang dilakukan, termasuk pembangunan jembatan, rute bandara, dan sebagainya.

Isu konektivitas darat juga menjadi salah satu bahasan penting dua Menlu hari ini. Rencananya, PT Damri akan membuka jalur darat antara Kupang dengan Dili yang secara positif didorong oleh Menlu Timor-Leste.

"Untuk komunikasi darat, ingin dibuka jalur bus yang akan dioperasikan PT Damri dari Kupang ke Dili yang secara prinsip sudah ditanggapi positif," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya