Kamboja Mau Belajar soal Produk Halal dari Indonesia

Penjual bebek panggang di jalanan Phnom Penh Kamboja
Sumber :
  • REUTERS/Samrang Pring

VIVA – Kamboja tertarik untuk mempelajari produk halal dan meningkatkan kerja sama di bidang farmasi dengan Indonesia. Hal ini merupakan salah satu fokus utama yang akan menjadi agenda kunjungan Menteri Luar Negeri Kamboja, Prak Sokhonn ke Indonesia.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Rencananya, Menlu Kamboja akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Februari 2018. Kunjungan Menlu Kamboja sudah direncanakan sejak 2017 lalu namun sempat tertunda dan baru terealisasi pada awal tahun ini.

"Isu yang menjadi perhatian kedua Menlu yaitu upaya penguatan mekanisme bilateral di beberapa area kerja sama seperti pertanian, pariwisata dan teknologi informasi," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, Kamis 1 Februari 2018.

Insentif Pendamping Proses Produk Halal dan LP3H Cair Rp 81,4 Miliar Jelang Lebaran

Selain itu akan dibahas pula penguatan ekonomi baik bidang perdagangan dan investasi. Untuk diketahui, nilai perdagangan Indonesia dan dengan Kamboja pada tahun 2017 mencapai US$441.576. Sementara investasi Indonesia di Kamboja tahun 2016 tercatat sebesar US$350 juta.

"Akan dibahas juga terkait kerja sama di bidang farmasi. Kamboja juga tertarik untuk belajar produk halal dari Indonesia. Nanti dibahas kerja sama peningkatan kapasitas pertahanan dalam konteks pertukaran pendidikan militer," ujar Arrmanatha menjelaskan.

Kolaborasi BPJPH, Industri Tekstil dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion

Tahun depan, Indonesia dan Kamboja akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik dua negara. Rencananya dalam kunjungan Menlu Kamboja esok akan dibahas mengenai berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam upaya merayakan kembali hubungan diplomasi kedua negara itu. (mus)

Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Singapura Lee Hsin Loong

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin, 29 April

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024