Ikut Olimpiade, Korea Utara Ogah Dialog dengan AS

Tim Pemandu Sorak Korea Utara tiba untuk Olimpiade Pyeongchang
Sumber :
  • Yonhap via REUTERS

VIVA – Korea Utara tak berniat untuk bertemu dengan pejabat Amerika Serikat selama perhelatan Olimpiade Musim Dingin, di Korea Selatan, mulai hari ini.

Ngerinya Biro 121, Senyap sampai Bikin AS Nyapnyap

Pernyataan itu memupuskan harapan bahwa olimpiade akan membantu mengurangi ketegangan yang meningkat antara Amerika Serikat dan Korea Utara, beberapa waktu lalu, terkait program senjata nuklir Korea Utara.

Namun, delegasi tingkat tinggi Korea Utara, termasuk adik perempuan pemimpin Kim Jong-un, akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Mereka akan makan siang bersama, besok.

Polisi Bongkar Jaringan Hacker Luar Negeri

Pertemuan semacam itu akan menjadi acara pertama antara seorang kepala negara Korea Selatan dan anggota keluarga Kim, sejak pertemuan puncak antara Kim Jong-il dan Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun pada 2007.

"Kami tidak pernah meminta untuk berdialog dengan AS saat ini maupun di masa depan," tulis kantor berita Korea Utara KCNA, mengutip pernyataan Jo Yong Sam, seorang direktur jenderal di Kementerian Luar Negeri Korea Utara.

Ahli Propaganda Terkenal di Korut Kim Ki Nam Meninggal Dunia

"Kami tidak memiliki niat untuk bertemu dengan tim AS selama berada di Korea Selatan. Kunjungan delegasi kami ke Korea Selatan hanya untuk mengambil bagian dalam olimpiade," ujarnya seperti dilansir dari Reuters.

Pada dasarnya, Amerika Serikat tidak meminta pembicaraan dengan Korea Utara. Namun, awal pekan ini, Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence membuka kemungkinan adanya kontak, meskipun pesan soal denuklirisasi tetap tidak berubah.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

5 Negara dengan Pemerintahan Diktator di Dunia Modern

Meskipun dunia modern sangat menghargai kebebasan, masih ada contoh pemerintahan diktator di berbagai belahan dunia. Berikut ini negara dengan pemerintahan diktator

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2024