Wapres AS Melunak Setelah Bertemu Adik Wanita Kim Jong-un?

Wapres AS Mike Pence hadir di Pyeongchang, begitu juga dengan adik Kim Jong-un
Sumber :
  • Yonhap via REUTERS

VIVA – Setelah Korea Selatan mulai membuka diri untuk menerima tawaran diplomasi dari Korea Utara, giliran Amerika Serikat yang sikapnya mulai melunak dan terbuka dengan tawaran pertemuan tingkat tinggi dari Korut. Dilansir Reuters, Wakil Presiden AS, Mike Pence membenarkan hal tersebut kepada media pada Minggu, 11 Februari 2018.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Diketahui bahwa Pence juga baru saja bertolak dari Pyeongchang, lokasi Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan yang diikuti pula oleh Korut. Dalam upacara pembukaan olimpiade, selain Pence, hadir pula adik kandung Kim Jong-un, Kim Yo-jong yang juga pejabat penting dan orang kepercayaan pemimpin Korut tersebut.

Pence mengatakan, AS cenderung akan positif dengan rencana pertemuan itu. Hal itu diungkapkan tatkala dia berada di pesawat Air Force One dalam perjalanan kembali ke Washington. AS menyatakan bahwa tekanan internasional tetap diperkuat kepada Korut sekalipun muncul rencana pembicaraan dengan negara itu.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

"Intinya tekanan tidak akan dilonggarkan sampai Korea Utara benar-benar menunjukkan dan membuktikan bahwa mereka sudah mulai melakukan denuklirisasi," kata Pence kepada Washington Post.

Wapres AS Pence saat berada di Korsel juga melakukan pembicaraan dengan Presiden Korsel Mon Jae-in mengenai tahap baru hubungan Korea Selatan dan Korea Utara. Presiden Korsel mendorong adanya solusi yang diplomatis atas masalah negara tetangganya itu.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

"Jadi tekanan dan kampanye internasional memberi sanksi ke Korut masih terus berjalan. Namun, jika mereka mau bicara, ya silakan bicara," kata Pence.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024