Menyedihkan, Biara Terkenal Usia 1000 Tahun Terbakar

Kuil dan biara terpenting Tibet dilalap api
Sumber :
  • Twitter/BBC

VIVA – Kebakaran besar terjadi di kuil dan biara terkenal Buddha Tibet yaitu Biara Jokhang di Lhasa, Tibet. Api direkam melalui video dan foto-foto yang beredar di media sosial.

Terpopuler: Guru Besar di TPPO Magang ke Jerman, Pentolan KKB Tewas, Kendaraan Tempur Canggih Kita

Si jago merah termasuk ikut melalap pagoda yang ada di kompleks spiritual itu. Media di China menyebutkan bahwa kebakaran besar terjadi pada Sabtu malam, 17 Februari 2018 sebagaimana dikutip dari laman BBC.

Belum dipastikan rincian korban dan kerugian material yang disebabkan. Namun diperkirakan akan sangat besar mengingat nilai intrinsik situs itu sebagai bagian dari situs keagamaan dan budaya di Tibet.

5 Negara dengan Populasi Buddha Terbesar di Asia, No 1 Bukan Thailand

Tibet, wilayah negara yang termasuk terpencil didominasi oleh pengikut Buddha. Negara ini dikenal dengan sebutan "Atap Dunia" yang pemerintahannya masuk dalam wilayah otonomi China.

Biara Jokhang sudah berumur lebih dari 1000 tahun dan masuk dalam Situs Cagar Budaya Kekayaan Dunia versi UNESCO.

Puluhan Tokoh Lintas Agama Buka Puasa Bareng

Meski sempat dilalap api, biara itu pada saat ini sudah kembali dibuka bagi para peziarah yang datang untuk beribadah. Disebutkan, otoritas China dengan cepat mencoba menghempang penyebaran foto dan video kebakaran Biara Jokhang di media sosial (medsos).

Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya sentimen antipemerintah China dari simpatisan kaum Buddha yang sewaktu-waktu bisa muncul menyusul kendali China atas Tibet juga masih menjadi kontroversi.

Marcell Siahaan.

Dari Kristen ke Buddha, Akhirnya Marcell Siahaan Temukan Ketenangan di Islam

Penyanyi, Marcell Siahaan memutuskan masuk Islam atau menjadi mualaf pada 2012 silam setelah menikah dengan model cantik, Rima Melati Adams.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024