Perekrut ISIS Filipina dan Kekasihnya Dibekuk

Fehmi Lassoued, orang Mesir perekrut Islam militan di Marawi
Sumber :
  • REUTERS/Dondi Tawatao

VIVA – Pasukan Khusus Filipina menangkap dan menahan seorang tersangka perekrut militan di negara tersebut yang menyiapkan calon anggota untuk Negara Islam (ISIS).

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Pria asal Mesir bernama Fehmi Lassoued itu juga disebutkan terlibat dalam mempersiapkan beberapa serangan teror di Filipina wilayah selatan selama lima bulan terakhir.

Dikutip dari laman Reuters, Dirjen otoritas setempat, Ronald dela Rosa menyampaikan soal pria itu ditangkap setelah terlebih dahulu kekasinya yang merupakan warga Filipina bernama Anabel Salipada lebih dahulu ditangkap. Mereka kemudian ditahan di sebuah apartemen sewaan beberapa blok dari Kedubes AS di Manila, Filipina.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

"Investigasi kini masih terus berlanjut dan kami memeriksa bukti dan jaringan dalam negeri yang terlibat," kata dela Rosa.

Dia juga membenarkan informasi mengenai Lassoued antara lain didapatkan dari intelijen asing.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Dalam konferensi pers penangkapan Lassoued, selain tersangka dihadirkan ditunjukkan pula barang bukti yang disita. Barang-barang berbahaya tersebut antara lain bahan peledak, senjata dan bendera ISIS.

"Kuat dugaan dia di sini memang merekrut untuk ISIS dan ingin mendapat dukungan dari Mindanao," kata dela Rosa. (ase)

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024