PM Kanada Alami Diskriminasi Saat ke India, Ada Apa?

PM Kanada Justin Trudeau dan keluarganya berlibur ke India
Sumber :
  • REUTERS/Adnan Abidi

VIVA – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau digambarkan mengalami diskriminasi penyambutan tatkala dia dan keluarganya berkunjung ke India belum lama ini. Trudeau dan istrinya, Sophie Gregoire Trudeau dan anak-anak mereka sengaja mengunjungi India untuk menyaksikan keindahan negeri tersebut.

Pesawat Dilarang Melintas di Atas 6 Tempat Ini, Kabah Sudah Pasti

Namun, kedatangan Trudeau tampaknya tak terlalu menjadi sorotan dan perhatian bagi pemerintah setempat. Dilansir Independent, Trudeau saat tiba di New Delhi hanya disambut oleh Menteri Muda Pertanian India, alih-alih menteri senior apalagi oleh Perdana Menteri Narendra Modi.

Hal itu kontras dengan kedatangan PM Israel Benyamin Netanyahu yang juga baru berlangsung. Netanyahu disambut antusias dan langsung bertemu dengan PM Modi.

11 Best Historical Tourism in The World Plus Ticket Price

Sementara itu, terkait jadwal kunjungan Trudeau, PM Modi disebut tak lagi punya slot waktu untuk ditemui dalam jangka waktu enam pekan ke depan.

Salah satu agenda Trudeau dan keluarganya adalah menyambangi Taj Mahal. Namun, saat mereka ke sana pula tak terlalu ramai sambutan.

7 Monumen Paling Kontroversial di Dunia, Salah Satunya Taj Mahal

Ketegangan antara India dan Kanada memang masih berlangsung menyusul simpati yang diberikan Trudeau terhadap wacana kemerdekaan Negara Sikh Khalistan di bagian utara India.

Bahkan disebutkan, ada lebih dari 500 ribu orang Sikh di Kanada. Pula Menteri Pertahanan di kabinet Trudeau bernama Harjit Sajjan adalah keturunan Sikh yang juga pro terhadap berdirinya negara baru di Punjab selain India.

Sementara itu, pemerintah India juga pernah mengecam Parlemen Kanada yang menyalahkan India atas kerusuhan Sikh pada 1984 yang dianggap sebagai bentuk pembersihan etnis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya