Duterte Minta Warga Filipina Hindari Kondom

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.
Sumber :
  • Pixabay/Anqa

VIVA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menuai kecaman usai imbauannya soal penggunaan kondom. Ia berpendapat, alat bantu kesehatan reproduksi itu tidak memuaskan.

Heboh Kondom Berserakan di RTH Tubagus Angke, Ini Solusi dari Heru Budi

Bahkan, untuk menegaskan pernyataannya itu, di hadapan publik Duterte mengilustrasikannya dengan cara memakan permen.

"Ini cobalah. Makan tanpa membukanya. Seperti itulah kondom," ujar Duterte seperti dilansir dari independent, Rabu, 21 Februari 2018.

Legislator PDIP Minta CCTV dan Petugas Dievaluasi Buntut Temuan Kondom di Taman

Pernyataan itulah yang kemudian menuai kecaman. Apalagi, di Filipina kasus HIV meningkat hampir 31,47 persen dalam 10 tahun terakhir.

Lebih dari 11 ribu kasus dilaporkan terjadi pada 2017, meningkat mendekati 20 persen dibandingkan 9.264 kasus yang dilaporkan pada tahun 2016.

Satpol PP Bakal Tongkrongin RTH di Jakbar Usai Heboh Kondom Berserakan

Atas itulah, di Filipina sejak 2012, dilakukan reformasi terhadap undang-undang kesehatannya dengan mendorong praktik keluarga berencana dan menekan kehamilan remaja.

"Duterte harus mengambil tindakan untuk melindungi kesehatan masyarakat Filipina dengan mendukung perubahan kebijakan yang dibutuhkan untuk memperluas aksesibilitas dan penggunaan kondom di Filipina," tulis pernyataan Human Rights Watch (HRW). (one)

Banyak Kondom bekas, atas aksi prostitusi terselubung yang terjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat (Jakbar).

Banyak Bekas Kondom Berserakan, Pemprov Jakarta Dirikan Posko di RTH Jakbar

Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, mendirikan posko keamanan di sekitar Ruang Terbuka Hijau (RTH), di Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat. Usai ditemukan banyak kondom bekas.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024