Logo BBC

Bikin Karikatur PM Najib Razak, Seniman Malaysia Dipenjara

Fahmi Reza  dianggap menghina PM Malaysia dengan karikaturnya
Fahmi Reza dianggap menghina PM Malaysia dengan karikaturnya
Sumber :
  • bbc

Seorang seniman Malaysia dihukum penjara dan denda karena membuat karikatur yang dianggap `menghina` Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak.

Lewat karyanya, Fahmi Reza menggambarkan Najib Razak sebagai badut dengan hidung dan bibir tebal berwarna merah serta alis mata panjang.

Karikatur itu banyak digunakan dalam aksi unjuk rasa menentang PM Razak, yang mendapat banyak kecaman karena penanganan skandal keuangan yang melibatkan dana investasi 1MDB atau 1Malaysia Development Berhad yang dibentuknya.

Pengacara yang mewakili Fahmi, Syahredzan Johan, mengatakan seniman berusia 40 tahun tersebut kecewa dengan keputusan pengadilan di Ipoh, Selasa (20/02), yang menyatakan dia melanggar undang-undang yang melarang penyebaran materi internet yang menghina.

"Kami jelas akan mengajukan banding dan kecewa dengan keputusan itu," tegas Johan kepada kantor berita AFP.

Fahmi ditangkap tahun 2016 lalu bersama para pegiat dan pemimpin oposisi dalam setelah aksi unjuk rasa yang mengecam PM Najib terkait dugaan korupsi yang melibatkan 1MDB.

Badan untuk invetasi tersebut diduga menyalahgunakan dana sebesar US$4,5 miliar atau sekitar Rp61 triliun namun tuduhan itu dibantah oleh 1MDB dan PM Najib.