Riset: Hampir 150 Ribu Orangutan Kalimantan Hilang

Seekor Orangutan dewasa yang ditemukan tewas di Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA/istimewa

VIVA – Lebih dari 148 ribu ekor Orangutan Kalimantan dilaporkan hilang dalam kurun waktu 16 tahun, yakni antara tahun 1999-2015.

Orangutan Mau Dijual ke Luar Negeri, Polda Sumut Gagalkan

Demikian dilaporkan sejumlah peneliti yang dirilis dalam Current Biology pada medio Februari lalu.

Maria Voigt, peneliti Jerman yang menjadi ketua peneliti menyebutkan, hilangnya ratusan ribu ekor orangutan itu ditengarai oleh hilangnya habitat mereka akibat perkebunan skala besar.

Wagub Sumut Ajak Menpora Lihat Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser

Orangutan Sumatra.

Selain itu, yang mengejutkan juga. Hilangnya orangutan itu bahkan juga terjadi di kawasan yang justru masih berhutan. "Ini menyiratkan ada peran besar aktivitas pembunuhan di sana," ujar Maria dikutip dari sciencedaily, Senin, 26 Februari 2018.

Bukit Lawang Orangutan Trail Resmi Terdaftar di Asosiasi Lari Dunia

Riset selama 16 tahun oleh sejumlah peneliti internasional itu mengamati keseluruhan populasi orangutan. Setidaknya ada 36.555 sarang telah diamati.

Dari situlah didapati ada 148.500 orangutan di Kalimantan yang telah hilang selama tahun 1999-2015. "Diperkirakan akan ada 45 ribu orangutan akan hilang lagi dalam 35 tahun ke depan," ujar peneliti.

Orangutan hasil jepretan Gerdie Hutomo Nurhadi.

Karya Fotografi Menangkap Keindahan Satwa di Taman Safari, Ada Kisah Menarik di Baliknya

Kategori Photo Story dimenangkan oleh foto ibu dan anak orangutan yang sedang bermain bersama. Anak orangutan dikenal sangat bergantung ke induk orangutan.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2023