Logo BBC

Telat 10 Menit Diperiksa Dokter, Anak Asma Meninggal

Ilustrasi anak
Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay

Seorang anak perempuan berusia lima tahun dengan riwayat asma ditolak dokternya karena datang terlambat - dan meninggal malam itu di rumah sakit.

Penyelidikan resmi tentang kasus itu menyebutkan, anak itu, Ellie-May Clark tidak ditangani oleh dokter meski sudah mendapat janji untuk perawatan keadaan darurat karena klinik Grange di Newport, Inggris, menjalankan ketentuan 10 menit.

Ketentuan ini memberi toleransi 10 menit keterlambatan bagi pasien. Namun, menurut koroner ini adalah pertama kalinya peraturan tersebut diberlakukan dalam sebuah janji darurat.

Kesempatan untuk "memberikan perawatan yang berpotensi menyelamatkan nyawa dikesampingkan," kata petugas pemeriksa mayat, dalam pemeriksaan itu.

Ibu Ellie May, Shanice Clark mengatakan pada sidang pemeriksaan di Newport bahwa dia meminta dokter untuk datang ke rumahnya setelah putrinya mulai sesak nafas dan tidak dapat berjalan pulang dari Sekolah Dasar Malpas Court pada bulan Januari 2015.

Namun ia justru ditawari slot kunjungan darurat 25 menit kemudian. Dia mengaku telah memberi tahu resepsionis bahwa dia bisa terlambat karena harus menunggu datangnya pengasuh dan harus naik bus.

Clark mengatakan ketika dia tiba di klinik, dia terlambat lima menit untuk janji pukul 17:00 tetapi baru bisa berbicara dengan resepsionis pada pukul 17:10.