Muslim Lugu, Sasaran Empuk Kelompok Al Qaeda

Formulir untuk masuk kelompok Al Aqaeda
Sumber :
  • ABC News

VIVA – Rangkaian berkas dokumen Abbottabad, atau dokumen soal Al Qaida yang didapatkan di rumah Osama bin Laden pada 2011 lalu di Pakistan utara, ditemukan satu dokumen informasi yang sangat sensitif.

Zulkarnaen Gembong Al-Qaeda dan JI Divonis 15 Tahun Penjara

Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa Al Qaeda menargetkan calon militan yang 'lugu' di seluruh dunia. Dokumen itu dituliskan oleh komandan militer Libya, Abu Yahya al-Libi.

Abu Yahya adalah pemimpin kedua Al Qaeda setelah Ayman al-Zawahri, yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat di wilayah Waziristan Utara, Pakistan.

Burkina Faso Putus Jaringan Internet Demi Pertahanan Nasional

Dokumen tertanggal Senin 29 Maret 2010 ini, merupakan dokumen internal yang dikirim ke anggota Al Qaeda yang berbunyi, 'Peringatan: Akan dipublikasikan di antara media, tetapi tidak untuk publikasi publik, sebuah pesan khusus kepada saudara-saudara media jihad."

Dalam dokumen tersebut Abu Yahya menuliskan, "Konsentrasikan pidato dan publikasi kepada warga Muslim biasa, jangan sampai berdiskusi dengan pihak 'elite.’ Karena mereka adalah yang paling bermanfaat untuk berjihad, mereka polos, dan penuh dengan kebaikan, bahkan mereka gagal melakukan dosa. Mereka tidak terkontaminasi dengan korupsi dan tidak memiliki ketidaktahuan yang kompleks (tentang Muslim umum)".

BNPT Sebut Farid Okbah Koordinator JI untuk Al-Qaeda

"Seperti yang Anda tahu, sebagian besar masyarakat umum tidak menyadari kebenaran dari diskusi ilmiah dan analisis politik, namun mereka dihasut oleh emosi," tulis Abu Yahya, sebagaimana dikutip dari Al Arabiya, Rabu 28 Februari 2018.

Dokumen yang dirilis sebelumnya menunjukkan ketegangan dalam mengelola jaringan eksternal Al Qaeda, termasuk mengidentifikasi pemimpin yang mampu dan menemukan sumber daya untuk mendanai operasi di luar negeri.

Konvoi kendaraan AS terlihat setelah mundur dari Suriah utara di perbatasan Irak

Pasukan Koalisi Pimpinan AS Serang Milisi Al-Qaeda di Suriah

Penyerangan milisi Al-Qaeda pasukan AS disebut makan korban jiwa termasuk anak-anak dan perempuan. Namun Pentagon tak berikan info korban yang berjatuhan.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2022