Logo BBC

Ratu Elizabeth II Pernah akan Dibunuh Seorang Remaja

Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • REUTERS/Justin Tallis/Pool

Seorang remaja mencoba membunuh Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke Selandia Baru pada 1981, demikian isi dokumen resmi yang telah dibuka untuk umum.

Christopher Lewis, yang saat itu berusia 17 tahun, melepaskan tembakan ketika Ratu mengunjungi kota Dunedin, ungkap Badan Intelijen Keamanan Selandia Baru, SIS.

Menurut laporan media, polisi saat itu mengatakan terdengar bunyi tembakan saat iring-iringan ratu melewati sebuah jalan di kota tersebut.

Namun mantan pimpinan kepolisian dan media lokal ketika itu meminta kasus ini dipetieskan dengan alasan agar parade itu tidak dihentikan pada tahun-tahun berikutnya.

Saat iring-iringan kerajaan itu digelar di Dunedin pada 14 Oktober 1981, sejumlah anggota polisi dan sebagian warga mendengar "apa yang terdengar mirip bunyi tembakan", ungkap dokumen yang sudah dibuka untuk umum seperti yang dikutip situs berita Stuff.

Tidak lama setelah insiden itu, Christopher Lewis ditahan dan polisi kemudian menemukan sepucuk senapan di sebuah bangunan yang dilewati parade tersebut.

"Lewis memang terbukti berniat membunuh ratu," demikian isi dokumen itu. Tapi dia "tidak tahu cara menggunakan senjata api atau tidak jauh kemampuan jangkauan tembakannya."