Logo BBC

Warga Italia Hilang, Empat Polisi Meksiko Diduga Terlibat

Warga Italia hilang di Mexico
Warga Italia hilang di Mexico
Sumber :
  • bbc

Otoritas Meksiko menyelidiki dugaan tindakan kriminal yang melibatkan empat petugas polisi dalam kasus hilangnya tiga warga Italia.

Tiga laki-laki warga Italia yang hilang - seluruhnya berasal dari Naples - terakhir terlihat pada 31 Januari lalu di Tecalitlán, di negara bagian Jalisco.

Gubernur negara bagian mengatakan aparat tersebut telah mengaku menyerahkan tiga warga Italia ke geng kriminal lokal.

Sebelum diserahkan ke geng kriminal, polisi tersebut dituduh menahan mereka di sebuah SPBU.

Putra dari salah satu orang hilang itu awalnya mengatakan pada radio Italia bahwa mereka telah "dijual ke sebuah geng dengan harga sekitar Rp 700 ribu (€43)", namun pejabat regional mengatakan tidak dapat mengkonfirmasi informasi tersebut,

Belum begitu jelas apa yang dilakukan oleh Raffaele Russo, 60 tahun, bersama anaknya Antonio( 25 tahun) dan keponakannya, Vincenzo Cimmino (29 tahun), di kota pertanian Tecalitlán. Wilayah ini dikuasai oleh kartel Jalisco Generasi Baru, geng kriminal terkuat di Meksiko.

Jaksa Jalisco, Raúl Sánchez mengatakan mendapatkan informasi yang menunjukkan bahwa tiga orang tersebut menjual generator murah dan mesin pertanian yang mereka sebut sebagai barang bermerk yang berkualitas tinggi.