Logo BBC

Misteri `Paspor Brasil` Milik Pemimpin Korea Utara

Kim Jong-un, Korea Utara, Brasil, paspor
Kim Jong-un, Korea Utara, Brasil, paspor
Sumber :
  • bbc

Minggu ini muncul bukti baru terkait dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, ayah dan pemimpin pendahulunya, Kim Jong-il, yang memiliki paspor palsu Brasil pada tahun 1990-an.

Kantor berita Reuters mendapatkan fotokopi sejumlah dokumen di mana Kim Jong-un menggunakan nama "Josef Pwag" (anak laki-laki Ricardo dan Marcela) dan ayahnya sebagai "Ijong Tchoi".

Sumber keamanan Brasil mengatakan kepada Reuters bahwa dokumen yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Brasil di Praha, ibu kota Ceko di tahun 1996 itu, sepertinya asli.

Sumber-sumber lain keamanan mengatakan dokumen-dokumen tersebut telah dipakai untuk melamar visa untuk mengunjungi sejumlah negara Barat, tetapi tidak dapat dipastikan apakah visa akhirnya diberikan atau tidak.

Tetapi mengapa keluarga penguasa Korea Utara memerlukan dokumen palsu? Dan mengapa Brasil?

Fotokopi ini kemungkinan tidak dapat dipandang sebagai suatu bukti kuat, tetapi ini bukanlah untuk pertama kalinya paspor Brasil dikaitkan dengan keluarga Kim.

Tahun 2011, media Jepang mengutip sejumlah pejabat yang mengatakan Kim Jong-un dan saudara laki-lakinya Jong-chul masuk ke wilayah Jepang untuk mengunjungi Tokyo Disneyland dengan menggunakan dokumen Brasil, bahkan sejak tahun 1991.