Arab Saudi Gelar Maraton Pertama Kalinya untuk Wanita

Al-Ahsa Run 2018.
Sumber :
  • Al Arabiya.

VIVA – Arab Saudi untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah balap lari untuk wanita di Timur Tengah. Hal ini, merupakan tindak lanjut dari rencana kerajaan secara perlahan memperluas hak wanita di negara tersebut. 

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Dilansir dari Foxnews, Selasa 6 Maret 2018, lebih dari 1.500 wanita ambil bagian dalam maraton sejauh dua mil ini. Mereka berasal dari kalangan profesional, amatir, orangtua, dan para remaja. 

Dalam maraton yang digelar di Al-Ahsa ini, Mizna Al-NAssar (28) memenangkan balap lari itu dengan catatan waktu 15 menit. Dia pun pada 2020 mendatang, akan bertanding di Olimpiade Tokyo, Jepang, mewakili Arab Saudi. 

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

Seperti diketahui, keleluasaan wanita Arab, untuk beraktivitas dimulai pada beberapa waktu lalu pemerintah mencabut undang-undang yang melarang wanita Arab untuk mengendarai mobil. 

Setelah itu muncul pula pengumuman dari Pemerintah Arab, yang membuka rekrutmen tentara untuk Wanita. Meski demikian, dalam lomba maraton itu tetap mengedepankan syariah Islam, wanita yang ikut tetap menggunakan jilbab dan cadar. (asp)

Arab Saudi-Thailand Pulihkan Diplomatik Setelah 30 Tahun Tak Akur
Selama ini perempuan Saudi hanya bekerja di bidang yang terbatas seperti guru dan tenaga kesehatan karena ketatnya pemisahan jender. (Reuters: Hamad I Mohammed)

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Sebuah lowongan kerja sebagai masinis perempuan di Arab Saudi dibanjiri oleh 28 ribu pelamar, padahal hanya 30 posisi yang tersedia. Antusiasme perempuan bekerja.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022