17 Warga Australia Tewas Usai Makan Melon

Ilustrasi Melon
Sumber :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

VIVA – Korban keempat telah meninggal dunia di Australia, setelah mengonsumsi melon yang terkontaminasi Listeria. Sejak wabah itu terjadi sudah ada 17 orang meregang nyawa. 

Geger Seorang Wanita Tewas Akibat Keracunan Roti, Kok Bisa?

Kasus ini pertama kali mendapat perhatian oleh Kementerian Kesehatan setempat bulan lalu. Di mana, hasil penelusuran mendapati bahwa melon tersebut berasal dari negara bagian New South Wales.

"Ada dua kasus kematian di News South Wales dan dua di Victoria," kata pihak NSW Health. 

Jangan Sembarangan Makan Roti Berjamur, Ini 3 Bahayanya Bagi Tubuh

Direktur Penyakit Menular di NSW Health Vicky Sheppeard mengatakan, semua melon yang terkontaminasi telah ditarik dari pasar pada 28 Februari lalu.

"Biasanya, sekitar sepertiga orang yang jatuh sakit dengan Listeriosis meninggal setiap tahun. Tetapi, pada sebagian besar kasus, tidak pernah terkait dengan wabah seperti ini," katanya dikutip dari Chanel News Asia, Kamis 8 Maret 2018.

Viral Mahasiswa Tewas Gegara Sindrom Nasi Goreng, Apa Itu?

Listeria adalah bakteri yang biasa ditemukan pada makanan. Bagi sebagian orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri ini tidak menyebabkan penyakit. Namun, bakteri ini bisa berbahaya bagi orangtua, wanita hamil, atau mereka yang memiliki penyakit seperti diabetest, atau kanker.

Listeriosis atau penyakit yang disebabkan bakteri Listeria, sepintas memiliki gejala seperti flu. Badan akan menggigil, demam dan nyeri otot. Bakteri ini juga memiliki masa inkubasi hingga 70 hari.

Ilustrasi: Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia

Terungkap, Lee Zii Jia Mundur dari Indonesia Masters 2024 Gegara Keracunan Makanan

tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia mundur dari turnamen Indonesia Masters 2024 karena diduga keracunan makanan.

img_title
VIVA.co.id
27 Januari 2024