Bertolak ke Rusia, Menlu RI Bahas Kunjungan Vladimir Putin

Presiden RI Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Rusia, 19 Mei 2016.
Sumber :
  • Tim Komunikasi Presiden.

VIVA – Presiden Rusia Vladimir Putin direncanakan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia untuk memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada pertemuan bilateral keduanya di Sochi, Rusia pada 2016 lalu. 

Perkembangan Perang Ukraina-Rusia, Perundingan Damai Berlangsung Panas

Guna membahas rencana kunjungan tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan melakukan kunjungan bilateral ke Rusia pada 12 hingga 13 Maret 2018 mendatang untuk bertemu dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov. 

"Beberapa isu yang menjadi pembahasan Menlu ke Rusia seperti rencana kunjungan Presiden Rusia ke Indonesia kemudian fokus kerja sama di bidang ekonomi," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis 8 Maret 2018.

Kabur dari Perang, Tentara Rusia Bakal Dibunuh Pasukan Khusus Putin

Kendati demikian, tanggal pasti kunjungan Putin belum dapat diumumkan secara resmi sebab masing-masing pihak masih perlu mencocokkan jadwal dua kepala negara. 

Terkait dengan kerja sama ekonomi, nilai perdagangan kedua negara setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data terakhir, selama tahun 2017 nilai perdagangan kedua negara mencapai lebih dari US$2,5 miliar, meningkat 20 persen dibanding tahun 2015.

Presiden Putin Beri Lampu Hijau ke Sukarelawan yang Ingin Bertempur

"Di antara negara ASEAN, Indonesia merupakan trader terbesar dengan Rusia. Beberapa produk ekspor kita termasuk teh, kopi dan sawit. Kita juga kirim sepatu dan elektronik," kata Arrmanatha.

Selain itu dalam kunjungan kali ini, Menlu Retno juga akan membahas dan meminta fleksibilitas visa kunjungan untuk warga negara Indonesia mengingat 2017 lalu sebanyak 12 ribu WNI yang berkunjung ke Rusia. (mus)

Vladimir Putin, Xi Jinping, dan Joe Biden.

Sumber AS Sebut China Bakal Bantu Militer Rusia dalam Perang Ukraina

Seorang pejabat AS mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi China telah menyatakan kesediaan untuk memberikan bantuan militer dan keuangan kepada Rusia.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022