Pertama Kali, Wanita Saudi Bangga Bisa Jogging di Jalanan

Cara perempuan Saudi merayakan Hari Wanita Internasional 2018
Sumber :
  • REUTERS/Faisal Al Nasser

VIVA – Hari Perempuan Sedunia yang diperingati tanggal 8 Maret setiap tahunnya turut dirayakan para perempuan di Arab Saudi tahun ini. Di Jeddah, peringatan tersebut dirayakan dengan kegiatan jogging bersama.

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Pemerintah Saudi memperkenalkan pendidikan jasmani untuk perempuan terhitung sejak tahun lalu dan mulai melisensikan klub olahraga wanita. Meski demikian, wanita berlari di jalan umum masih dianggap aneh bagi sebagian masyarakat setempat.

"Ini baru permulaan sebuah revolusi bagi perempuan di Arab Saudi. Dalam pekerjaan, kehidupan dan masyarakat. Semuanya akan berubah untuk wanita Saudi," kata seorang mahasiswi bernama Sama Kinsara.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Sementara Yasmine Hassan, Anggota kelompok Bliss Runners yang mengorganisir acara tersebut mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan.

"Pesan yang disampaikan lewat acara ini 'Ayo, anda tidak sendiri, kita akan melakukan ini bersama dan sekaranglah saatnya'. Semoga tahun depan akan lebih banyak hak yang diberikan kepada wanita Saudi, yang memang pantas kita dapatkan," kata Hassan dikutip dari Reuters.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

Tahun ini menjadi momen penting bagi wanita Saudi setelah Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman melakukan reformasi menghapus sejumlah batasan penting untuk hak perempuan. Wanita Saudi kini bisa menonton langsung pertandingan sepak bola, berpartisipasi dalam olahraga dan diizinkan mengendarai mobil sendiri.

Tasha Bouslama

Hari Perempuan Internasional, Tasha Bouslama Luncurkan Karya Baru

8 Maret ditetapkan sebagai hari Perempuan Internasional atau Women’s International Day, momen itu digunakan Tasha Bouslama untuk meluncurkan lagu baru.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022