Rusia Luncurkan Rudal Hipersonik Terbaru, Canggih Betul

Tower terkenal di St Petersburg, Rusia
Sumber :
  • REUTERS/Anton Vaganov

VIVA – Pemerintah Rusia berhasil meluncurkan rudal hipersonik terbaru sebagai bagian pengembangan senjata bertenaga nuklir. Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya mengatakan, negaranya akan membuat persenjataan yang mampu mengalahkan semua sistem pertahanan.

Bandara Rusia Diserang Drone, 2 Pesawat Angkut Ilyushin II-76 Terbakar

Kementerian Pertahanan Moskow baru-baru ini merilis rekaman yang menunjukkan bahwa sebuah jet tempur lepas landas sebelum melepaskan sebuah rudal yang meninggalkan nyala api berkobar di belakangnya.

"Peluncuran berlangsung lancar. Rudal hipersonik mencapai target yang telah ditetapkan di lokasi uji," tulis Kemenhan Moskow dilansir Independent, Senin, 12 Maret 2018.

Beda dari yang Lain, Rusia Evakuasi Warganya dari Sudan Pakai Pesawat Militer

Presiden Vladimir Putin menggambarkan rudal tersebut sebagai senjata ideal saat dia mengumumkan persenjataan baru strategis awal bulan ini. Rudal yang diberi nama Kinzhal diklaim mampu melakukan perjalanan dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara.

Selain itu, rudal kinzhal diklaim mampu mengirimkan hulu ledak nuklir pada jarak lebih dari 2.000 Kilometer dan dapat mengubah jalur di tengah lintasan. Rudal juga mampu melewati semua sistem pertahanan antipesawat terbang dan antirudal yang ada.

Rusia Uji Coba Pesawat Tanker Udara II-78MD-90A Terbaru
Ilustrasi perang nuklir.

Hanya 2 Negara di Dunia yang Punya Pesawat Antinuklir

Pesawat udara memiliki berbagai fungsi tergantung pada jenisnya. Secara umum, pesawat digunakan sebagai sarana transportasi udara untuk kepentingan komersial.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024