PBB Kecam Serangan terhadap Muslim di Sri Lanka

Masjid dirusak di Sri Lanka, militer berjaga
Sumber :
  • REUTERS/Dinuka Liyanawatte

VIVA – PBB mengutuk serangkaian serangan anti-Muslim yang terjadi di Sri Lanka, termasuk adanya pembakaran masjid dan tempat usaha milik warga Muslim.

Terpopuler: Peluncuran Rudal Balistik India hingga Pesawat Lion Air Memutar-mutar di Langit Binjai

Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Politik, Jeffrey Feltman mengatakan kepada pemerintah Sri Lanka bahwa orang-orang di balik kekerasan harus diseret ke pengadilan.

Selama kunjungannya bertemu dengan para pemimpin Muslim setempat, ia mendesak pelaksanaan komitmen pemerintah secara cepat dan penuh untuk membawa pelaku kekerasan ke pengadilan dan mengambil tindakan untuk mencegah hal serupa terulang dan menerapkan aturan yang tidak diskriminatif terhadap hukum.

Peluncuran Rudal Balistik India di Teluk Benggala 'Paksa' Lion Air Mendarat di Kualanamu

Dilansir dari Al Jazeera, serangan kekerasan terhadap umat Islam terjadi di distrik pusat Kandy selama seminggu terakhir. Kekerasan dipicu oleh kematian seorang warga Buddha Sinhala, setelah dipukuli oleh sekelompok pria Muslim, karena perselisihan lalu lintas.

Kekerasan ini menyebabkan setidaknya dua orang tewas, termasuk perusakan terhadap masjid, puluhan rumah, dan tempat usaha. Puluhan orang juga terluka dalam kerusuhan tersebut.

10 Negara Termurah untuk Dikunjungi di Tahun 2024

Pihak berwenang telah menyatakan keadaan darurat dan memberlakukan jam malam dalam upaya mengurangi kekerasan. Namun, Muslim Sri Lanka khawatir serangan tersebut masih akan berlanjut.

Kota Beijing, China.

Sejumlah Negara Kaji Kembali Hubungan dengan China dan Beralih ke India untuk Stabilitas

Berbagai negara mulai mempertimbangkan kembali hubungan mereka dengan China, memilih alternatif yang menjanjikan stabilitas dan kepercayaan. India muncul sebagai pesaing.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024