Logo BBC

AS Tahu Risiko Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un

Donald Trump dan Kim Jong-un
Donald Trump dan Kim Jong-un
Sumber :
  • bbc

Direktur Badan Intelejen AS, CIA, Mike Pompeo membela keputusan Donald Trump untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dengan mengatakan presiden memahami risikonya.

“Trump tidak melakukannya untuk bersandiwara, dia akan ke sana untuk mengatasi masalah," kata Kepala Intelejen AS dalam wawancara dengan Fox News Sunday.

Presiden telah mengatakan bahwa pertemuan itu dapat menghasilkan "kesepakatan yang terbesar di dunia".

Namun kritik menyebutkan jika pertemuan berlangsung kurang baik, maka posisi kedua negara akan lebih buruk dibandingkan sebelumnya.

Sejuah ini belum pernah ada Presiden AS bertemu dengan pemimpin Korea Utara. Trump dilaporkan menerima tawaran tersebut secara langsung ketika utusan Korea Selatan menyampaikan undangan tersebut pada Kamis lalu. Keputusan Trump itu mengejutkan pemerintahannya.

Upaya negosiasi pemberian bantuan yang ditukar dengan kesepakatan melucuti senjata telah gagal sejak 2003 lalu, setelah Korea Utara menarik diri dari Pakta Non-Proliferasi Nuklir NPT.

Pompeo mengatakan kepada CBS bahwa pemerintah telah "membuka mata lebar-lebar" terhadap tantangan untuk berurusan dengan Korea Utara.