AS Cemas Negaranya Bisa Jadi Sasaran Senjata Kimia Rusia

Dubes AS untuk PBB Nikki Haley
Sumber :
  • REUTERS/Luis Echeverria

VIVA – Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley di depan Dewan Keamanan atau DK PBB menyatakan bahwa AS akan berada di belakang Inggris menyusul ketegangan yang terjadi antara Inggris dan Rusia terkait serangan terhadap mata-mata ganda di Salisbury, Inggris.

Tokoh Oposisi Rusia Diracun, Pengawas Senjata Kimia Kirim Bantuan

Dilansir CNN, Nikki Haley bahkan mengatakan mereka juga khawatir senjata kimia, racun saraf bikinan Rusia bisa digunakan di New York, AS bahkan di negara-negara lainnya. 

"AS yakin bahwa Rusia yang bertanggung jawab atas serangan terhadap dua orang di Inggris dengan menggunakan racun saraf, senjata kimia milik militer," kata Nikki Haley di depan DK PBB.

Perempuan Berwajah Dingin Nekat Beli Senjata Kimia di Situs Dark Web

Dia mengingatkan bahwa tindakan Rusia itu, meski terus dibantah oleh pemerintahan Vladimir Putin akan membahayakan dunia dan jelas-jelas melanggar aturan dan hukum internasional.

"Racun saraf ini bisa digunakan di New York dan di mana saja," kata dia.

AS Curigai Myanmar Diam-diam Punya Stok Senjata Kimia Berbahaya

Diketahui bahwa pada awal bulan ini, mantan agen ganda Rusia yang kini tinggal di Inggris bernama Skripal dan putrinya menjadi korban serangan racun saraf yang diketahui adalah milik Rusia. Bahkan seorang polisi Inggris yang sempat menolong mereka juga terkena dampak racun mematikan itu.

Haley menjelaskan, keterlibatan Rusia dalam penggunaan senjata kimia bukan hal baru. Dia mencontohkan bantuan Rusia ke rezim Assad di Suriah yang dibuktikan dengan menggunakan senjata kimia terlarang pada saat perang di negara tersebut.
 

Masker nubika (nuklir, biologi dan kimia).

Senyap dan Mematikan, Apa Itu Senjata Kimia?

Senjata kimia adalah segala jenis amunisi yang membawa racun atau zat kimia yang menyerang sistem tubuh. Ada berbagai kategori untuk jenis senjata ini.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022