Kerennya Tank Tanpa Awak China, Punya Kecerdasan Buatan

Tank China dengan awak saat latihan
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Militer China, kini sedang menguji tank tanpa awak yang bisa dilengkapi dengan piranti kecerdasan buatan sebagai bagian dari program modernisasi militer negara tersebut.

AS dan Inggris Sebut China Lakukan Hal Mengerikan Ini, Korbannya Jutaan

Dalam uji coba tersebut, sebuah tank yang disebut Type 59 yang digerakkan oleh pengontrol jarak jauh menjadi tank tanpa awak buatan China, yang pertama kalinya ditunjukkan dalam forum publik.

Tank dengan sebutan Type 59 didasarkan pada model lama milik Soviet, yang digunakan di China pada tahun 1950-an dan diproduksi dalam jumlah besar. Selain itu, tank tersebut juga diklaim dapat dipakai dalam jangka waktu cukup lama.

Mobil SUV Mewah China Tantang Mercedes-Benz dan BMW di Jerman

"Sejumlah besar tank Type 59 yang sudah tidak lagi digunakan bisa diubah menjadi kendaraan tanpa awak jika dilengkapi dengan kecerdasan buatan," kata Liu Qingshan, kepala Tank and Armored Vehicle sebagaimana dikutip dari The Star, Kamis 22 Maret 2018.

Tank tak berawak itu akan mampu bekerja terintegrasi pada peralatan tak berawak lainnya dengan integrasi informasi dari satelit baik pada pesawat maupun kapal selam.

Deretan 5 Negara yang Tak Pernah Dijajah dalam Sejarah

Beberapa waktu terakhir, China tengah menggenjot program modernisasi untuk angkatan bersenjatanya, termasuk membuat pesawat tempur siluman dan kapal induk baru. Presiden China, Xi Jingping mengatakan, program modernisasi tersebut untuk makin menegaskan bahwa kekuatan negara itu benar-benar pesat.

Ilustrasi warga China

Krisis Ekonomi, Pemerintah China Lakukan Penghematan Ketat

Partai Komunis China (PKC) baru-baru ini melaksanakan kampanye nasional untuk mempromosikan disiplin keuangan dan berhemat di semua tingkat pemerintahan.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024