Tak Mau Bermusuhan, Xi Jinping Beri Kejutan kepada Duterte

Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden China Xi Jinping.
Sumber :
  • Reuters/Ng Han Guan

VIVA – Presiden China, Xi Jinping menyampaikan ucapan selamat dan harapan terbaiknya kepada Presiden Filipina, Rodrigo Duterte yang merayakan ulang tahunnya hari ini, tanggal 28 Maret, yang ke-73.

Duterte Menolak Minta Maaf Atas Kematian dalam Perang Antinarkoba

Dalam sebuah surat yang dikeluarkan Kedutaan Besar Tiongkok di Manila, Xi menyampaikan ucapan selamat dan harapan terbaiknya kepada Presiden Duterte. Ia juga memuji perubahan haluan dalam hubungan China-Filipina sejak Duterte menjabat pada 2016 lalu.

"Hubungan bilateral kami telah menikmati perbaikan dan peningkatan yang berkelanjutan, serta menuai hasil yang produktif, mempromosikan perdamaian, dan stabilitas kawasan," demikian surat tersebut seperti dilansir Asian Correspondent, Rabu 28 Maret 2018.

Gagal Capai Target Vaksinasi COVID-19, Duterte Ancam Hukum Pejabat

Presiden Xi juga menyebutkan niatnya untuk mempererat ikatan pada masa depan dan keinginan Beijing, untuk bekerja dengan Filipina, demi kepentingan kedua negara.

Pada hari ulang tahunnya, Presiden yang tak begitu menyukai pesta mewah itu disebut menghabiskan hari spesialnya di rumah bersama keluarganya di Kota Davao. Tahun lalu, dia menghabiskan hari ulang tahunnya dengan tidur, sebelum menghabiskan waktu bersama cucu-cucunya.

Duterte Usul Warga yang Tak Mau Divaksin Disuntik Saat Tidur

Meski menghadapi kritik internasional terkait perangnya terhadap narkoba, Duterte tetap populer di Filipina. Menurut jajak pendapat yang dilakukan Desember 2017 lalu, kepuasan publik terhadap pemerintah naik ke tingkat tertinggi. Bahkan, menurut Social Weather Stations, pemerintah Filipina memperoleh peringkat kepuasan luar biasa.

BBC Indonesia

Pilpres Filipina, Siapa Saja Kandidatnya dan Apa Isu Utamanya?

Pemilihan Presiden Filipina, yang digelar Mei 202, bakal menjadi kontroversial karena para kandidat utamanya terdiri dari anak presiden Duterte, putri eks diktator Marcos, serta petinju terkenal Manny Pacquaiao.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022