Korsel Lunakkan Korut Pakai Diplomasi K-Pop

Kim Jong-un dan istrinya Ri Sol-ju pada saat menonton konser
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan istrinya pertama kali menonton pertunjukan musik K-pop di Pyongyang, Korea Utara. Artis-artis musik K-pop itu didatangkan dari Korea Selatan sebagaimana dilansir laman BBC.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Keberadaan sejumlah artis K-pop di Korut dibenarkan oleh Kementerian Kebudayaan Korea Selatan. Salah satu yang menghibur adalah grup band Red Velvet.

Delegasi musik Korsel ke Korut tersebut adalah yang pertama kalinya setelah lebih dari 10 tahun terakhir. Dua negara di semenanjung itu memang selalu dalam ketegangan dan hubungan yang panas dingin.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Sambutan meriah terlihat di dalam gedung pertunjukan yang dipenuhi Kim Jong-un, para pejabat Korut, dan para undangan termasuk delegasi Korsel. Tepuk tangan bergemuruh di dalam ruangan usai pertunjukan K-pop.

Diplomasi hiburan termasuk K-pop menjadi salah satu hal yang dilakukan untuk menjajaki pembicaraan unifikasi dua negara. Apalagi Korea Utara sudah mulai melunak mengenai persatuan dengan Korsel.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Sementara itu, lebih awal, grup musik dari Korea Utara juga mendatangi Korsel dan menghibur di awal pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024