Logo BBC

Anak-anak yang Jadi Tumbal Pemilu Sierra Leone

Potret seorang anak di Sierra Leone.
Potret seorang anak di Sierra Leone.
Sumber :
  • bbc

Ketika pemilihan umum dilakukan di Sierra Leone, orang tua diperingatkan untuk lebih berhati-hati terhadap anak-anak mereka, karena takut bahwa calon atau pendukung kandidat pemimpin dapat menculik mereka dan menggunakan organ mereka dalam ritual sihir hitam.

Olivia Acland melaporkan tentang tanda-tanda yang bisa membuktikan bahwa rumor itu mungkin benar.

Pagi itu sekitar pukul 10.00 pada hari Jumat 16 Februari, kurang dari sebulan sebelum pemilihan presiden, parlemen dan lokal di Sierra Leone. Mabinty Kamara, seorang gadis berusia 14 tahun, sedang menelusuri jalan berbatu di luar rumahnya di Freetown.

Dia mengenakan rok hitam setinggi lutut dan kemeja polo abu-abu, dan membawa dua jerigen plastik.

Pompa air tempat dia biasa mengambil air berjarak sekitar 800 meter - hanya beberapa menit menyusuri jalur lumpur berbatu yang diukir di sisi bukit.

Lantaran ibunya sedang pergi mengunjungi kerabat, Mabinty diminta untuk mengambil air oleh saudaranya yang berusia 25 tahun, Alimatu, yang sedang menyelesaikan tugas pagi lainnya di rumah.

Sebagai muslim, ini adalah hari pertama di akhir pekan mereka.

Alimatu menyapu lantai rumah mereka yang beratap timah dan merapikan seprai tempat tidur. Dia memasak nasi untuk adik laki-lakinya, saudara perempuan, sepupu, dan mencuci panci. Setelah beberapa jam, dia mulai bertanya-tanya mengapa Mabinty belum kembali.

Dia bergegas menyusuri jalan setapak, meneriakkan nama saudara perempuannya, berharap menemukan dia duduk dengan teman-teman dan bergosip.