Bioskop Modern Arab Saudi Pertama Putar 'Black Panther'

Jubah dari vibranium yang digunakan Black Panther
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Bioskop modern pertama Arab Saudi, akan dibuka pada 18 April 2018 di Riyadh. Bekerja sama dengan AMC Entertainment Holdings, rencananya Saudi akan membuka 40 bioskop dalam lima tahun ke depan.

Lowongan Masinis Perempuan di Saudi Dibanjiri 28 Ribu Pelamar

Bioskop tersebut, nantinya tidak akan memisahkan penonton berdasarkan jenis kelamin seperti kebanyakan tempat umum lainnya di wilayah Kerajaan Saudi yang sangat konservatif. Film pertama yang akan diputar di bioskop adalah film superhero besutan Marvel, yakni "Black Panther".

Bioskop pertama AMC akan berlokasi di King Abdullah Financial District, di sebuah gedung yang awalnya akan digunakan sebagai ruang konser simfoni sebagaimana disebutkan Kepala Eksekutif AMC, Adam Aron dalam sebuah wawancara.

Sosok Kriangkrai, PRT Sebabkan Sejarah Berdarah Thailand-Arab Saudi

Teater utama akan difasilitasi dengan 500 kursi dengan tingkat venue orkestra dan balkon, serta kamar mandi marmer. Tiga layar lainnya akan ditambahkan pada pertengahan musim panas nanti.

"Kami pikir, ini akan menjadi bioskop terindah di dunia. Ini gedung yang dramatis," kata Aron dikutip dari Middle East Monitor, Kamis 5 April 2018.

Arab Saudi-Thailand Berselisih 30 Tahun karena PRT Pangeran

Arab Saudi memiliki beberapa bioskop pada tahun 1970-an, namun para ulama menutupnya, setelah meningkatnya pengaruh Islam di seluruh wilayah Arab saat itu.

Pada 2017, pemerintah Saudi mengatakan akan mencabut larangan itu sebagai bagian dari reformasi ekonomi dan sosial ambisius yang didorong oleh Putra Mahkota Muhammad bin Salman.

Muhammad bin Salman saat ini sedang berkeliling Amerika Serikat, mencari investasi untuk membantu menggerakkan ekonomi dan mengurangi ketergantungan ekonomi Saudi pada minyak.

Sementara itu, Arab Saudi adalah konsumen setia media dan budaya Barat. Meskipun ada larangan bioskop, film-film Hollywood dan serial televisi diketahui ditonton secara luas di rumah-rumah warga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya